Latest News

Kalbe Akan Membagikan Dividen Sebesar Rp 891 miliar

Kalbe Akan Membagikan Dividen Sebesar Rp 891 miliar

No. 008-/KFCP-DIR/PR/V/12

Jakarta, 23 Mei 2012 – PT. Kalbe Farma Tbk (“Kalbe” atau “Perseroan”) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 891 miliar. Pembagian dividen sebesar Rp 95 per saham yang  setara dengan rasio pembagian dividen sebesar 60% atas laba bersih tahun buku 2011  tersebut telah memperoleh  persetujuan dari para pemegang saham Perseroan yang hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) Perseroan yang digelar pada tanggal 23 Mei 2012 bertempat di Gedung Bintang Toedjoe,  Pulomas, Jakarta.

“Kalbe berkomitmen untuk mencapai kinerja operasional dan keuangan yang baik untuk dapat meningkatkan penciptaan nilai bagi pemegang saham, “ dalam paparannya Direktur dan Sekretaris Perusahaan Kalbe Vidjongtius menjelaskan. “Dengan posisi keuangan yang kuat dan kemampuan menghasilkan arus kas secara mantap, pembagian dividen atas laba bersih tahun buku 2011 merupakan dividen khusus dengan rasio yang lebih tinggi. Perseroan telah pula memperhitungkan kebutuhan belanja modal dan modal kerja, sehingga kelancaran kegiatan operasional dan pengembangan usaha Perseroan di masa mendatang tidak akan terganggu dengan dibagikannya dividen khusus ini.  Sedangkan untuk pembagian dividen di tahun-tahun mendatang, dengan memperhatikan kondisi keuangan Perseroan, Perseroan akan mempertahankan kebijakan rasio pembagian dividen paling tidak 50% dari laba bersih Perseroan. ”

Di samping itu, Perseroan dalam RUPSLB telah memperoleh persetujuan Pemegang Saham untuk melakukan pemecahan nilai nominal (stock split) atas saham Perseroan, dengan rasio 1:5. Perseroan berharap pelaksanaan stock split akan membuat saham Kalbe menjadi lebih atraktif bagi investor sehingga selanjutnya dapat memperluas basis investor Kalbe, terutama investor retail. Rencana stock split akan segera dilaksanakan setelah memperoleh persetujuan instansi berwenang.

Pada tahun 2011, Kalbe mencatat kinerja yang cukup baik, dengan total penjualan bersih Rp 10.912 miliar atau pertumbuhan sebesar 6,7%, sementara laba sebelum pajak tercatat Rp 1.987 miliar atau meningkat 12.2% dibanding tahun sebelumnya, serta laba bersih mencapai Rp 1.482 miliar atau meningkat 15,2% dibandingkan tahun 2010. Perbaikan arus kas Perseroan juga tercermin dalam peningkatan arus kas dari aktivitas operasional yang meningkat dari Rp 1.254 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp 1.473 miliar  di tahun 2011.

Dalam RUPST, Kalbe telah memperoleh persetujuan Pemegang Saham atas Agenda  Rapat sebagai berikut:

Persetujuan atas Laporan Tahunan Direksi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011;
Persetujuan dan pengesahan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011 serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan atas tindakan pengawasan dan pengurusan yang mereka lakukan dalam tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011 (acquit et decharge);
Persetujuan atas penggunaan keuntungan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011;
Penentuan gaji dan/atau honorarium anggota Dewan Komisaris dan anggota Direksi Perseroan serta pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris untuk menetapkan gaji dan/atau honorarium bagi anggota Dewan Komisaris Perseroan dan Anggota Direksi Perseroan;
Penunjukan Akuntan Publik Independen untuk mengaudit Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2012 dan pemberian wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan honorarium Akuntan Publik Independen tersebut serta persyaratan lain penunjukannya.
Sementara itu, dalam RUPSLB, Kalbe telah memperoleh persetujuan Pemegang Saham atas Agenda  Rapat sebagai berikut:

Persetujuan atas rencana pemecahan nilai nominal (stock split) atas saham Perseroan;
Persetujuan atas penyesuaian ketentuan Pasal 3 dan perubahan ketentuan Pasal 4 ayat 1 dan 2, dan Pasal 11 ayat 1 Anggaran Dasar Perseroan;
Perubahan susunan anggota Direksi Perseroan.

Sekilas Kalbe
PT Kalbe Farma Tbk. (“Kalbe”) adalah salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe telah menangani portofolio merek yang handal dan beragam untuk produk obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll), obat bebas (Woods, Promag, Mixagrip, Komix, dll), minuman energi (Extra Joss, E-Juss) dan nutrisi (Prenagen, Diabetasol, Milna dll), yang dilengkapi dengan kekuatan bisnis usaha distribusi dan logistik yang menjangkau luas di Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: KLBF). 

Print
2397 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x