Latest News

Pemenang Favorit Junior Scientist Award Win on Zero

Permainan Matematika Melatih Mencari Selisih

Pemenang Favorit Junior Scientist Award Win on Zero

Jakarta, 12 September 2011 – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) mengumumkan pemenang favorit Kalbe Junior Scientist Award (JSA) adalah Raynor Baruna Reksa Ananta dan Miura Chanda dari SD Kuntum Cemerlang - Bandung dengan judul karya Win on Zero: Permainan Matematika Melatih Mencari Selisih. Pemenang favorit ini diperoleh dari hasil voting pengunjung selama dua hari dalam acara Junior Science Fair (JSF) yang diselenggarakan di Assembly Hall Jakarta Convention Center, 10-11 September 2011.

“Pemenang favorit dipilih melalui voting oleh pengunjung selama dua hari kegiatan JSF dan voting ditutup pada hari Minggu, 11 September 2011 pukul 13.00 WIB," ujar Luhur Budijarso, Ketua Panitia HUT ke-45 Kalbe Farma. "Mereka berhasil mengalahkan delapan pemenang lainnya dalam perolehan suara. Untuk melakukan voting, pengunjung cukup memasukkan kode tiket ke dalam komputer yang sudah disediakan di masing-masing booth pemenang Junior Scientist Award."

Delapan pemenang lainnya adalah: (1) Anggie Arivia Tanu (Semut yang Cerdik), SDK 6 BPK Penabur, Bandung; (2) Claudya Mardiani Safitri & Dinar Rizqi P (“Pak Kadir Bisa” - Pendeteksi Kadar Air Biji-bijian Sederhana), SDN Jember Lor 03, Jember; (3) Fauzia Noorchaliza & Fadhilah Noor Nabiilah (Perkecambahan Benih Dengan Metode Kupas Cangkang Biji / Percobaan pada biji buah apel (Malus syvestris Mill) dan buah jambu biji (Psidium guajava L), SD Insan Kamil, Bogor; (4) Fira Fatmasiefa & Bramastro Rahman Prasojo (Wet Alarm For Baby), SDS Pertiwi, Medan; (5) Janice Patricia (Magic Water Filter), SD Kristen 6 Penabur, DKI Jakarta; (6) L. Krisna Wardhana (Pemanfaatan Limbah Kulit Telur Untuk Mempercepat Pembekuan Darah), SD Cahaya Nur, Kudus; (7) Patricia Harjo Utomo (Antena Dasyat), SD Marsudirini, Solo; (8) Raihany Hidayati Az Zahra P3M (Permainan Maju Mundur Matematika), SDIT Salsabila, Bekasi.

Seluruh pemenang Junior Scientist Award mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 10 juta dan piala. Sedangkan Raynor & Miura (Pemenang Favorit)  mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 20 juta. Disamping hadiah untuk pemenang, Kalbe juga memberikan hadiah Rp 10 juta kepada masing-masing sekolah sebagai tanda penghargaan atas upaya sekolah mendukung para pemenang dalam mengikuti lomba ini.

Kegiatan Junior Scientist Award yang diselenggarakan sejak tanggal 10 Mei 2011 ini bertujuan untuk membuat anak-anak lebih mencintai ilmu pengetahuan sejak dini, belajar berpikir kritis terhadap ilmu pengetahuan dan tergerak untuk mengembangkan kreativitas dalam bentuk penciptaan sebuah karya ilmu pengetahuan. Bidang ilmu pengetahuan yang dilombakan adalah Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi terapan sederhana.

Tim juri Junior Scientist Award terdiri dari beberapa tokoh yang ahli di bidangnya, yaitu: Prof. Dr Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI), Prof Dr. H. Arief Rahman (Pendidik dan Pengamat Pendidikan),  Dr. Puspita Lisdiyanti (Peneliti LIPI), dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), MSi (Psikolog dan Ahli Tumbuh Kembang Anak), Dr. L.T Handoko (Fisikawan dan Dosen UI) dan R.K Sembiring (Matematikawan ITB).

Tercatat 199 peserta anak-anak tingkat SD kelas IV-VI dari 63 sekolah di 22 kota yang berasal dari 10 provinsi memasukkan karya mereka untuk dilombakan. Sebanyak 18 peserta terpilih sebagai finalis yang kemudian didatangkan ke Jakarta untuk mempresentasikan karya mereka di hadapan Dewan Juri pada tanggal 20-21 Juli 2011. Pada tanggal 22 Juli 2011, finalis JSA mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Wakil Presiden Bpk. Boediono dan Menteri Pendidikan Nasional Bpk. Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA. Akhirnya pada tanggal 25 Juli, Dewan Juri menetapkan 9 tim pemenang yang dapat memamerkan hasil karyanya pada acara Junior Science Fair pada tanggal 10-11 September 2011 di Assembly Hall Jakarta Convention Center.

Sekilas tentang Kalbe
PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) adalah salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe telah menangani portofolio merek yang handal dan beragam untuk produk obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll), obat bebas (Woods, Promag, Mixagrip, Komix, Fatigon, dll), minuman energi (Extra Joss) dan nutrisi (Chil Kid, Prenagen, Diabetasol, dll), yang dilengkapi dengan kekuatan bisnis usaha logistik dan distribusi yang menjangkau luas di Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).

Print
1426 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x