Latest News

KALBE RAIH PENGHARGAAN TRANSPARANSI PENURUNAN & PERHITUNGAN EMISI KORPORASI 2022

KALBE RAIH PENGHARGAAN TRANSPARANSI PENURUNAN & PERHITUNGAN EMISI KORPORASI 2022


ARTIKEL No. 005/KFCP-CCOM/ART/IV/22


Jakarta, 28 April 2022. PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meraih penghargaan dari Majalah Investor berkerja sama dengan PT Bumi Global Karbon. Kalbe mendapatkan gelar Green untuk kategori Transparansi Penurunan Emisi Korporasi 2022 dan gelar Gold untuk kategori Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi 2022.

 

“Kita sudah melakukan segala sesuatu terkait emisi yang selanjutnya dijabarkan di dalam Sustainability Report (laporan keberlanjutan) tahun 2020,” ujar Director of Finance & Acct PT Kalbe Farma Tbk, Bernadus Karmin Winata.

 

Kalbe meraih gelar Green untuk kategori penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Sektor Emiten. Pada kategori ini, Kalbe dinilai berhasil mengungkapkan adanya pencapaian dan perhitungan penurunan emisi, namun tidak terdapat assurance/verifikasi pihak ketiga independen untuk perhitungan emisi.

 

Terkait penghematan energi, sejumlah Pabrik Kalbe menghemat emisi demi berkurangnya residu dari pabrik. Salah satunya, pabrik Kalbe Cikarang telah menerapkan condition-based maintenance pada unit chiller (pendingin) yang telah diidentifikasi sebagai significant energy user. Upaya ini mampu menghemat energi listrik sebesar 1.085.106 kWh/tahun.

 

Pabrik Sanghiang Perkasa Pabrik Sanghiang Perkasa menerapkan penghematan energi pada sistem kompresor dengan melakukan sinkronisasi kerja kompresor agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Upaya tersebut mampu menghemat energi listrik hingga 1.373 kWh/bulan,” ungkap Bernadus Karmin.

 

Pabrik Kalbe Morinaga Indonesia Penghematan energi di Pabrik Kalbe Morinaga dilaksanakan dengan modifikasi mesin ice water menggunakan compressor controller dan mengganti Evaporator - Condensor jenis baru yang lebih efisien. Modifikasi ini dapat menghemat energi listrik 28.664 kWh/bulan,” tambahnya.

 

Pabrik Kalbe Morinaga juga telah memasang perangkat VSD (Variable Speed Drive) pada motor pompa chiller dan motor pompa-pompa di instalasi pengolahan air limbah. Secara total, telah mengurangi daya listrik 23.514 kWh/bulan.

 

Pabrik Dankos Farma Pabrik Dankos Farma melaksanakan penghematan energi melalui pengaturan suhu chiller agar lebih sesuai dengan kapasitas pendinginan yang dibutuhkan sistem tata udara ruangan. Upaya ini berhasil menghemat penggunaan listrik sebesar 321.265 kWh/bulan,” papar Bernadus Karmin.

 

Selain itu, Green Machineries dan Semi-Robotic Manajemen menetapkan kriteria untuk memilih mesin dan alat yang ramah lingkungan, antara lain, penggunaan energi dan emisi yang lebih rendah, serta memiliki durasi siklus utilisasi yang lebih panjang. Selain itu, pengoperasian setiap jenis mesin baru atau yang diremajakan juga berorientasi pada tool less dan perluasan aplikasi semi robotic.

 

Di sisi lain, Kalbe juga meraih gelar Gold untuk kategori Transparansi Pehitungan Emisi Sektor Emiten. Pada kategori ini, Kalbe dinilai berhasil mengungkapkan perhitungan dua cakupan/scope emisi, namun tidak terdapat assurance/verifikasi pihak ketiga independen untuk perhitungan emisi.

 

Terkait perhitungan sumber emisi, salah satunya ialah sistem perhitungan beban emisi untuk kegiatan produksi mengacu Pedoman Teknis Perhitungan Baseline Emisi Gas Rumah Kaca Sektor Berbasis Energi, untuk sumber emisi Bahan Bakar Solar dan Gas CNG. Kemudian, sistem perhitungan beban emisi oleh PLN untuk sumber emisi Pembangkit Listrik PLN. Dalam hal ini, ruang lingkup perhitungan mencakup kegiatan produksi di Pabrik Kalbe Cikarang, Kalbe Farma, Kalbe Morinaga Indonesia (KMI), Dankos Farma, SHP, serta Pabrik Bintang Toedjoe di Pulomas dan Pulogadung.

 

Sementara itu, dasar penilaian untuk kriteria penilaian Penghargaan Transparansi Penurunan dan Perhitungan Emisi Korporasi 2022 didapatkan dari laporan keberlanjutan perusahaan 2020 yang terbit di tahun 2021.

 

Pada kriteria satu, data yang diambil adalah perhitungan emisi perusahaan terdiri dari scope 1, 2, 3, serta jika terdapat perhitungan penurunan emisi yang diungkapkan perusahaan. Sedangkan pada kriteria dua, BGK Foundation turut melihat apakah terdapat assurance report dalam sustainability report yang menjamin perhitungan.

 

Sekilas tentang Kalbe

 

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep, divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas, multivitamin dan minuman supplemen siap saji, divisi nutrisi; dan divisi distribusi & logistik.

 

Kalbe juga telah mengembangkan ekosistem layanan digital bagi masyarakat yang bersifat B2B yakni EMOS dan layanan B2C yakni KlikDokter. EMOS adalah sistem aplikasi order management yang memudahkan saluran distribusi melakukan manajemen stok atau supply chain, sedangkan KlikDokter adalah platform digital untuk layanan kesehatan khususnya telemedicine yang menyediakan konsultasi kesehatan dan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

 

Kalbe kini memiliki lebih dari 40 anak perusahaan dan 15 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 16.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).


Print
95 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x