Etika

Etika Bisnis Kalbe merupakan pedoman berperilaku bagi seluruh jajaran Kalbe (termasuk Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan) dalam melakukan interaksi dan hubungan dengan segenap pemangku kepentingan. Kode Etik tersebut dikembangkan dengan mengacu pada prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan kepada Panca Sradha Kalbe yang merupakan nilai-nilai perusahaan yang menjiwai perkembangan sejarah Kalbe.

Panca Sradha Kalbe terdiri dari prinsip-prinsip berikut:

1.    Saling percaya adalah perekat di antara kami.

2.    Kesadaran penuh adalah dasar setiap tindakan kami.

3.    Inovasi adalah kunci keberhasilan kami.

4.    Bertekad untuk menjadi yang terbaik.

5.    Saling keterkaitan adalah panduan hidup kami.

Kelima aspek ini menjadi dasar bagi setiap insan Kalbe dalam bersikap, berperilaku dan berinteraksi dengan para stakeholders Kalbe.

Etika Bisnis Kalbe dapat menghindari terjadinya penyimpangan terhadap standar perilaku yang ditetapkan dan menjadi pedoman dalam mendeteksi pelanggaran yang terjadi. Kepatuhan terhadap Etika Bisnis Kalbe akan menghindari timbulnya hubungan yang tidak wajar dengan para pemangku kepentingan yang pada kelanjutannya akan merugikan Perseroan. Pokok-pokok Etika Bisnis Kalbe mencakup standar perilaku dan kepatuhan terhadap hukum dan perundang-undangan, komitmen terhadap karyawan, pemegang saham, mitra usaha, prinsip-prinsip persaingan usaha, integritas bisnis, benturan kepentingan, standar produk dan layanan, penghargaan atas hak kekayaan intelektual, komitmen terhadap lingkungan, kemitraan dengan masyarakat, serta aktivitas organisasi dan politik.

Penyusunan Etika Bisnis Kalbe bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan berikut:

1.    Menjabarkan nilai-nilai Perusahaan ke dalam standar etika bisnis yang harus dipatuhi oleh setiap insan Kalbe dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

2.    Menjadi standar pedoman perilaku yang diharapkan atas setiap insan Kalbe, meliputi Komisaris, Direksi dan karyawan.

3.    Mengembangkan perilaku yang baik sesuai dengan standar etika yang tinggi bagi korporasi, Komisaris, Direksi dan seluruh karyawan.

4.    Mengembangkan hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola dan nilai-nilai Perusahaan.

5.    Menunjang pelaksanaan praktek tata kelola yang baik dalam Perusahaan dalam rangka mencapai kinerja keuangan, sosial dan lingkungan yang baik dan berkelanjutan.

Peluncuran Etika Bisnis diikuti dengan program sosialisasi bertahap yang akan menjangkau seluruh insan Kalbe. Sosialisasi dilakukan secara berjenjang untuk memastikan bahwa seluruh lapisan karyawan memiliki pemahaman yang sama atas prinsip Etika Bisnis Kalbe. Selain kewajiban untuk mentaati Etika Bisnis Kalbe Perseroan, karyawan Kalbe juga akan diwajibkan mematuhi aturan dan kebijakan Perseroan lainnya serta tidak bersikap diam apabila menemukan atau mengetahui perbuatan atau tindakan yang merupakan pelanggaran atas Etika Bisnis Kalbe. Karyawan wajib melaporkan pelanggaran atas Etika Bisnis Kalbe tersebut melalui Whistleblowing System.

Business Ethics of PT Kalbe Farma Tbk