Tanggung Jawab Sosial Kalbe

 

Komitmen dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perlindungan terhadap lingkungan telah dijabarkan melalui produk dan layanannya, serta melalui pendekatan Perseroan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Kalbe sepenuhnya menyadari bahwa dalam membuat keputusan-keputusan yang penting, Perseroan tidak saja harus mempertimbangkan dampaknya bagi kinerja usaha, tetapi juga melihat konsekuensinya bagi lingkungan dan masyarakat.

Untuk itu, Kalbe berkomitmen mengembangkan usahanya secara bertanggung jawab, antara lain melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility atau CSR). Perseroan berkomitmen untuk menempatkan filosofi dan sasaran tanggung jawab sosial sebagai bagian integral dari aktivitas usahanya. Oleh karenanya, komitmen Kalbe dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perlindungan terhadap lingkungan telah dijabarkan melalui produk dan layanannya, serta melalui pendekatan Perseroan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Program-program CSR Kalbe meliputi empat area penting berikut: pemberdayaan masyarakat; perlindungan lingkungan; praktik ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja; dan tanggung jawab produk.


Kegiatan Pengembangan Masyarakat

Kegiatan pengembangan masyarakat Kalbe dikelola oleh unit Corporate Social Responsibility di tingkat kantor pusat, yang langsung bertanggung jawab kepada Direksi. Unit tersebut bertanggung jawab mengelola aktivitas Kalbe Berbagi, sebagai payung dari seluruh kegiatan pemberdayaan masyarakat Perseroan.

Aktivitas Kalbe Berbagi dikategorikan ke dalam 4 pilar berikut:

  1. Kalbe Berbagi – Kesehatan, memfokuskan pada aktivitas peningkatan kesehatan masyarakat, sejalan dengan aktivitas usaha utama Perseroan, serta keyakinan bahwa akses ke layanan kesehatan merupakan hak dari setiap individu;

  2. Kalbe Berbagi – Pendidikan, dengan fokus pada inisiatif pengembangan pendidikan, khususnya di bidang pendidikan ilmu hayati;

  3. Kalbe Berbagi – Lingkungan, untuk membantu masyarakat membangun dan memelihara lingkungan yang baik dan sehat yang dapat mendukung peningkatan kualitas hidup, serta

  4. Kalbe Berbagi – Sarana & Prasarana, untuk membantu pembangunan Infrastruktur dasar, terutama yang berhubungan dengan perbaikan sarana kesehatan dan pendidikan.