Tanggung Jawab Sosial Kalbe

 

Sebagai warga korporasi yang bertanggung jawab, Kalbe senantiasa menyadari posisinya sebagai bagian tak terpisahkan dari masyarakat di sekitar kegiatan operasionalnya dan berkomitmen untuk berbagi manfaat dari pertumbuhan ke seluruh pemangku kepentingan. Komitmen tersebut didasarkan kepada keyakinan Perseroan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan dan faktor-faktor pendorong kinerja keuangan jangka panjang merupakan hal-hal yang tidak terpisahkan.

Kalbe tidak menempatkan aspek tanggung jawab sosialnya semata sebagai kegiatan lantropis – melainkan merupakan bagian dari bagaimana Perseroan mengelola kegiatan operasionalnya secara bertanggung jawab, mengaktualisasikan nilai-nilai perusahaan ke dalam kegiatan sehari-hari, serta bagaimana Kalbe memanfaatkan keahliannya untuk membantu masyarakat, seluruh tenaga kerjanya dan para pelanggan, serta untuk memelihara lingkungan. 

Karenanya, selain menyediakan pendanaan dan meluncurkan berbagai proyek sosial, Kalbe juga mengajak karyawan untuk mengambil bagian dalam kegiatan membantu masyarakat, sehingga menempatkan proyek-proyek tersebut tidak semata sebagai aktivitas yang berasal dari puncak organisasi, melainkan sebagai panggilan bagi seluruh organisasi untuk membangun dunia yang lebih baik.

Keterlibatan karyawan tetap tinggi sepanjang 2016, dengan total partisipasi mencapai lebih dari 6.000, bukti bahwa kepentingan usaha dan kepentingan sosial telah menjadi hal yang tak terpisahkan dalam aktivitas Perseroan.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, aktivitas tanggung jawab sosial Kalbe dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori utama berikut dengan total pengeluaran sekitar Rp90 miliar:

  • Pengembangan Masyarakat,

  • Komitmen pada Pemeliharaan Lingkungan,

  • Praktik Ketenagakerjaan yang Adil dan Bertanggung Jawab, dan

  • Perlindungan Konsumen melalui Produk yang Bertanggung Jawab. 



Pemberdayaan Masyarakat: Berbagi Karena Peduli

Kegiatan pengembangan masyarakat dikelola oleh Unit CSR khusus di kantor pusat, yang bertugas mengkoordinasikan program-program Kalbe Berbagi Perseroan, yang menjadi payung dari seluruh kegiatan pengembangan masyarakat. Untuk menjamin efektivitasnya, unit tersebut berada langsung di bawah Direksi, sebagai bukti komitmen Perseroan terhadap misi tanggung jawab sosialnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut dikelompokkan ke dalam empat area kegiatan Kalbe Berbagi, yakni Kalbe Berbagi Kesehatan, Kalbe Berbagi Pendidikan, Kalbe Berbagi Lingkungan dan Kalber Berbagi Infrastuktur. 

Kalbe Berbagi – Kesehatan

Memfokuskan pada upaya menyediakan akses lebih luas ke layanan kesehatan bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung di daerah-daerah terpencil.

Kalbe Berbagi – Pendidikan

Memberikan prioritas pada pengembangan pendidikan ilmu hayati di Indonesia, sejalan dengan motto Perseroan untuk meraih kemajuan ilmu pengetahuan bagi kehidupan yang lebih baik.

Kalbe Berbagi – Lingkungan

Membantu masyarakat dalam pembangunan lingkungan yang lebih baik sehingga mereka dapat menikmati hidup yang lebih sehat.

Kalbe Berbagi – Sarana & Prasarana

Menggarisbawahi keterlibatan Kalbe dalam pembangunan infrastruktur, terutama yang terkait dengan inisiatif perbaikan kesehatan masyarakat.

 

Keberhasilan Kalbe Berbagi merupakan hasil dari partisipasi aktif kerelawanan karyawan, yang telah berbagi semangat membantu melalui berbagai kegiatan Kalbe Berbagi yang diselenggarakan di tahun 2016.