Keberlanjutan

KOMITMEN KALBE FARMA TERAPKAN KEBERLANJUTAN DAN KESETARAAN GENDER

KOMITMEN KALBE FARMA TERAPKAN KEBERLANJUTAN DAN KESETARAAN GENDER

No. 023/KFCP-DIR/PR/IV/22


Jakarta, 7 April 2022. PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) siap berkomitmen menerapkan inisiatif keberlanjutan (sustainability), termasuk di dalamnya adalah kesetaraan gender (gender equality). Pada pelaksanaannya, Kalbe menghadirkan program BTS (Bicara Tentang Sustainability), yang bertujuan untuk membangun budaya keberlanjutan di Grup Kalbe.

 

“Keberlanjutan memang bukan pekerjaan sesaat, karena membutuhkan upaya kita secara terus-menerus. Salah satunya, kita berkumpul secara virtual seperti ini, berbicara tentang sustainability dan gender equality,” ujar Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius, dalam kegiatan BTS.

 

Gender equality bukan berarti kita pro perempuan atau anti perempuan. Tapi kita sungguh-sungguh-sungguh melakukan secara bersama, secara setara. Ini akan kita teruskan lagi melalui event lainnya, karena sustainability itu adalah sebuah journey, kita belajar dan melakukan improvement bersama,” jelasnya.

 

Di sisi lain, sustainability yang Kalbe lakukan juga ada terkait dengan lingkungan. Perubahan iklim misalnya, menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan terkait kondisi lingkungan. Kalbe pun turut memperhatikan permasalahan tersebut. Secara internal, inisiatif yang dilakukan mulai dari memasang solar panel di sejumlah pabrik baru hingga melakukan water treatment yang baik. Masih banyak yang perlu Kalbe kerjakan untuk lingkungan ini.

 

“Belum lagi bicara soal akses kesehatan, etika dalam bisnis, tata kelola pasar, kita melihat manajemen risiko, ini butuh kita tingkatkan semua. Semua inisiatif keberlanjutan termasuk kesetaraan gender tidak hanya lip service atau hanya slogan bahwa kita mau maju. Tapi kita juga harus mempraktekkan, implementasikan. Jadi action plan-nya apa,” tutur Vidjongtius.

 

Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk, Irawati Setiady, menyatakan dirinya sangat senang dengan diadakannya Bicara Tentang Sustainability dan gender equality, yang menjadi tema pembahasan di seluruh dunia. Khususnya kegiatan ini sinkron dengan perayaan Hari Kartini yang diperingati setiap bulan April.

 

“Soal gender, mungkin saya merasa khususnya di Kalbe bukan menjadi suatu persoalan dan sebenarnya di Indonesia secara umum mestinya lebih baik dibanding negara lain. Tapi, di ESG (Environmental, Social, Governance), ini tema tersendiri yang perlu kita perhatikan dan senang sekali bahwa ini juga diangkat jadi tema di Kalbe,” papar Ira.

 

Sepaham dengan Vidjongtius, Irawati Setiady menekankan harapannya bahwa ini menjadi komitmen bersama bagi seluruh Insan Kalbe. Tentunya, bukan hanya sebagai lip service.

 

“Saya mengajak semua, bahkan kaum pria juga, untuk ayo kita mendorong gender equality ini bisa terwujud di Kalbe. Saya kira, sebagai manusia, laki-laki dan perempuan saling melengkapi karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Jadi, diciptakan Tuhan untuk saling melengkapi,” imbuhnya.

 

Upaya Kalbe dalam menerapkan kesetaraan gender akan terbukti dari apa yang perusahan bisa lakukan untuk memberikan kesempatan yang sama dan memberdayakan perempuan. Selain itu, fasilitas perlu ditingkatkan, terutama yang terkait dengan perempuan. Di antaranya, ruang laktasi, membagi informasi melalui webinar terkait kesehatan perempuan maupun melalui produk, serta layanan kesehatan yang disediakan untuk masyarakat.

 

Komitmen penerapan keberlanjutan melalui kesetaraan gender digaungkan dengan penandatanganan kebijakan Kalbe Group oleh Vidjongtius. Kebijakan ini menjadi panduan bagi seruluh Insan Kalbe dalam mewujudkan Kalbe SERASI (Selaras, Serasa, Semisi) untuk pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

 

Pada kegiatan BTS, Head of Corporate Communications & Sustainability Kalbe, Melina Karamoy, mengungkapkan peran Kalbe dalam dunia keberlanjutan di level nasional maupun global. Salah satunya, dengan menjadi anggota IGCN (Indonesia Global Compact Network, representatif dari UNGC (United Nations Global Compact).

 

“Kalbe kerap diminta menjadi narasumber di berbagai Sustainability Events di tingkat Asia maupun global. Tahun 2022, Kalbe menandatangani pledge untuk Women Empowerment under UN Women, dan di tahun sebelumnya, menjadi G20 Empower Advocate Indonesia, serta menandatangani Empower pledge untuk Gender Equality,” kata Melina

 

Selain itu, Tim Kesetaraan Gender Kalbe Group telah menyusun kerangka kerja kesetaraan gender Kalbe Group yang terdiri dari lima pilar berdasarkan strategi keberlanjutan Kalbe “Bersama Sehatkan Bangsa”. Di antaranya, menerapkan kebijakan kesetaraan gender di grup Kalbe, peningkatan fasilitas yang terkait perempuan; webinar BSB (Bersama Sehatkan Bangsa) dengan tema kesehatan wanita, parenting, hingga Kartini Kalbe; rencana program pendidikan dan pelatihan dengan topik kesetaraan gender; aktivitas rantai pasokan dan marketing; serta aktivitas komunitas.

 

Terkait Inisiatif Keberlanjutan, Kalbe memiliki laporan yang rutin dibuat setiap tahun. Sejumlah informasi hingga tips menarik seputar inisiatif keberlanjutan Grup Kalbe juga dapat dilihat dengan mengunjungi dan mem-follow akun Instagram @kalbe_bsb dan @kalbefarma.tbk.

 

 

Sekilas tentang Kalbe

 

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep, divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas, multivitamin dan minuman supplemen siap saji, divisi nutrisi; dan divisi distribusi & logistik.

 

Kalbe juga telah mengembangkan ekosistem layanan digital bagi masyarakat yang bersifat B2B yakni EMOS dan layanan B2C yakni KlikDokter. EMOS adalah sistem aplikasi order management yang memudahkan saluran distribusi melakukan manajemen stok atau supply chain, sedangkan KlikDokter adalah platform digital untuk layanan kesehatan khususnya telemedicine yang menyediakan konsultasi kesehatan dan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

 

Kalbe kini memiliki lebih dari 40 anak perusahaan dan 15 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 16.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).

Previous Article BERSAMA SEHATKAN BANGSA, KALBE DUKUNG PEMERINTAH PERCEPAT VAKSINASI COVID-19 USIA 6-11 TAHUN
Print
1007 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x