Berita Terbaru

Kalbe Dukung Bulan Kesadaran Kanker Payudara

Faktor Genetik & Kanker Payudara

Kalbe Dukung Bulan Kesadaran Kanker Payudara

Press Release No. 040/KFCP-DIR/PR/X/20

Jakarta, 10 Oktober 2020, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menyelenggarakan edukasi kesehatan kedua sebagai dukungan Bulan Peduli Kanker payudara (Breast Cancer Awareness Month) di bulan Oktober dalam bentuk daring bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bertema “Faktor Genetik & Kanker Payudara”. Narasumber pada edukasi ini Dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B-Onk, M.Epid, MARS selaku Ketua Bidang Pelayanan Sosial YKI. Puncak kegiatan dalam rangka bulan peduli kanker payudara akan diselenggarakan tanggal 17 Oktober mengangkat tema “Kembali Percaya Diri Kembali Berkarya”.

“Kalbe secara rutin memberikan edukasi seputar isu kesehatan kepada masyarakat, khususnya bagaimana hubungan faktor genetik dengan risiko kanker payudara,” ujar dr. Selvinna, Marketing General Manager One Onco PT Kalbe Farma Tbk. “Edukasi ini dilakukan untuk mencegah dan mengenali faktor-faktor risiko kanker payudara yang bisa diubah dan tidak bisa diubah”, tambah Selvinna. 

“Mempunyai anggota keluarga yang terkena kanker bukan berarti berisiko terkena kanker namun tetap perlu untuk melakukan pemeriksaan CERDIK yaitu Cek Kesehatan Secara Rutin, Enyahkan Asap Rokok dan Polusi, Rajin Olahraga, Diet Berimbang (rendah lemak, kurangi karbohidrat dan tinggi serat), Istirahat Yang Cukup dan Kelola Stress,” ujar Dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B-Onk, M.Epid, MARS, Ketua Bidang Pelayanan Sosial YKI. “Ada 2 jenis kanker payudara yaitu kanker payudara familial yang berhubungan dengan riwayat keluarga dan kanker payudara sporadic yang tidak diketahui penyebabnya,” tambah Dr. Sonar.

“Kalbe juga berkolaborasi dengan Knitted Knockers Indonesia dan Indonesia Cancer Care Community (ICCC) serta Kitabisa.com pada September lalu meluncurkan Gerakan 1000 knockers yang akan diberikan secara gratis kepada para wanita penyintas kanker payudara di Indonesia yang telah menjalani proses mastektomi (pembedahan payudara). Gerakan yang menjadi bagian dari layanan Kalbe Oncology Total Solution, atau biasa disebut ONE ONCO merupakan bentuk kepedulian kepada para wanita penyintas kanker pasca mastektomi di Indonesia untuk kembali bangkit, kembali tersenyum, kembali percaya diri, dan kembali berkarya,” tutup Selvinna.

Knockers adalah rajutan berbentuk payudara artifisial (buatan) yang lembut, ringan dan nyaman yang dapat digunakan oleh para wanita penyintas kanker payudara pasca Mastektomi.

Bulan Peduli Kanker Payudara diperingati diseluruh dunia setiap bulan Oktober. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan perhatian dan dukungan akan kesadaran, deteksi dini dan pengobatan serta perawatan dini dari penyakit kanker payudara. Deteksi Dini Kanker Payudara dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu SADARI (perikSA payuDAra SendiRI) dan SADANIS (perikSA payuDAra kliNIS) melalui pemeriksaan USG atau Mamografi. Semakin dini deteksi kanker payudara maka peluang kesembuhan penderita kanker bisa mencapai 98% dan ditangani dengan baik dan tepat secara medis. 

Sebelumnya, Kalbe menyelenggarakan edukasi kesehatan mendukung bulan kesadaran kanker payudara dalam bentuk daring bertema “Kupas Tuntas Kanker Payudara” dengan narasumber Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP selaku Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia minggu lalu.


Sekilas tentang Indonesia Cancer Care Community (ICCC)
Indonesia Cancer Care Community (ICCC) merupakan komunitas yang bediri 27 Februari 2010. Didirikan oleh pasien kanker, survivor, dan para pemerhati kanker. ICCC memiliki kegiatan rutin seperti seminar kesehatan terkait kanker, kunjungan pasien kanker ke poli-poli kanker di beberapa rumah sakit, dan outing yang dilakukan setiap tahun sekali. Dalam beberapa kegiatannya, ICCC disupport oleh KECC yang berperan sebagai fasilitator, khususnya dalam penyelenggaraan seminar kanker.

Sekilas tentang Kalbe
PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll); divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas (Promag, Mixagrip, Komix, Woods, Fatigon, dll), multivitamin (Fatigon, H2, XonCe, Hevit-C, JossC1000 dll), dan minuman supplemen dan siap saji (Hydro Coco, Extra Joss), divisi nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, Zee, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki lebih dari 40 anak perusahaan and 14 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).


--oOo--

Print
202 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x