Berita Terbaru

KALBE LUNCURKAN LOMBA SAINS ANAK

KJSA Goes Digital

KALBE LUNCURKAN LOMBA SAINS ANAK

Press Release No. 026/KFCP-DIR/PR/VII/19


Jakarta, 18 Juli 2019 – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) kembali meluncurkan program Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2019 yakni program penghargaan kepada karya sains terbaik untuk siswa-siswi tingkat sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Pelaksanaan KJSA di tahun ke sembilan ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana karya sains yang diciptakan mengadaptasi pemanfaatan teknologi digital dengan mengusung tema KJSA Goes Digital. Peluncuran KJSA 2019 diselenggarakan bersamaan dengan diskusi seputar teknologi digital dan karya sains anak. Hal ini untuk merangsang munculnya karya sains anak KJSA berbasiskan digital. Selain diskusi, salah satu kegiatan lainnya adalah peluncuran buku KJSA “Membuat Karya Untuk Hidup Lebih Baik: Kumpulan Karya Peneliti Cilik Indonesia” yang merupakan rangkuman catatan perjalanan karya sains pilihan dari para peneliti cilik pemenang Kalbe Junior Scientist Award 2011 hingga 2018.

“Kalbe Junior Scientist Award merupakan bagian dari komitmen Kabe untuk terus berkontribusi bagi perkembangan sains di Indonesia, khususnya anak-anak. Melalui lomba karya sains ini, kami mendorong anak-anak mampu berpikir kreatif dan memecahkan masalah di sekitarnya melalui pendekatan sains. Kita meyakini bahwa kreativitas adalah akar dari inovasi,” ujar Pre Agusta, Direktur Manufaktur PT Kalbe Farma Tbk. “Tahun 2019, sejalan dengan era digital, KJSA berupaya untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada. Dengan mengusung tema KJSA Goes Digital diharapkan dapat menjadi langkah awal dari diperkenalkannya karya sains berbasis digital pada anak-anak untuk menjawab permasalahan yang ada disekitar mereka,”lanjut Pre Agusta.

“Dewan Juri akan menambahkan kriteria penerapan digital dalam setiap karya sains baik dalam proses penjurian KJSA 2019,” ujar Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M. Eng., Ph.D selaku Ketua Dewan Juri KJSA 2019 yang juga Kepala Pusat Penelitian Fisika, LIPI. “Oleh sebab itu, kami akan melakukan proses pendampingan kepada karya sains terpilih sebelum dipresentasikan di hadapan Dewan Juri pada saat penjurian akhir,” lanjut Nurul.

“Penerbitan buku KJSA ini ingin memberikan inspirasi kepada anak-anak di Indonesia agar tidak pernah lelah mengejar mimpinya dan menjadi manfaat bagi orang banyak melalui karya nyata berupa karya sains,” ujar Melina Mariane Karamoy, Head Corporate Communications & Sustainability PT Kalbe Farma Tbk.

Adapun persyaratan KJSA tahun ini adalah siswa/i SD kelas 4-6 dan SMP kelas 7-9 ketika mendaftar dan peserta merupakan perorangan. Mengirimkan karya sains sesuai bidang yang ditentukan. Karya sains yang dikirimkan dapat berupa karya yang sudah jadi atau berupa rancangan/desain karya sains yang dapat direalisasikan pada saat presentasi. Untuk bidang yang dilombakan dari IPA dan teknologi terapannya. Peserta mendaftar atas nama institusi (sekolah) dan lembaga (bimbingan/kursus). Hasil karya merupakan karya sendiri dan belum memenangkan lomba sejenis pada tingkat nasional

Sosialisasi dan pendaftaran peserta program KJSA dimulai 18 Juli 2019 sampai dengan 18 September 2019. Proses seleksi 20 Finalis (10 Kategori SD & 10 Kategori SMP) akan dilakukan pada 19 September 2019, dilanjutkan dengan Mentoring dari 20 September – 10 Oktober 2019. Setelah proses mentoring selesai, akan dipilih 10 Finalis (5 Kategori SD & 5 Kategori SMP) pada 15 Oktober 2019. Puncak acara dalam bentuk Pameran, Penjurian dan Awarding dilaksanakan pada 22 – 26 Oktober 2019.

Adapun Dewan Juri KJSA 2019 adalah Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M. Eng., Ph.D (Kepala Pusat Penelitian Fisika, LIPI), Retno Juni Rochmaningsih. S.Sos (Kasi Bakat dan Prestasi, Subdit Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMP. Ditjen Dikdasmen Kemdikbud RI), M. Syachrial Annas (Direktur PP IPTEK Kemristekdikti RI), Irzan Raditya (CEO & Co-Founder of Kata.ai), Onno W. Purbo, Ph.D (Pakar Informasi dan Teknologi).

Setelah proses seleksi akan dipilih 10 Pemenang yang terdiri dari 5 SD dan 5 SMP hasil mentoring akan diundang ke Jakarta untuk pameran dan penjurian akhir. Seluruh pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai mulai dari Rp 15 juta sampai Rp 5 juta. Seluruh info mengenai KJSA 2019 dapat dilihat di www.kalbe-kjsa.com

Sekilas tentang Kalbe
PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll); divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas (Promag, Mixagrip, Komix, Woods, Fatigon, dll) dan minuman energi dan siap saji (Hydro Coco, Extra Joss), divisi nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, Zee, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki lebih dari 38 anak perusahaan dan 12 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).


---oOo---


Print
87 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x