Berita Terbaru

Kalbe Group Dukung Pencegahan Stunting Melalui 1000 Hari Pertama Kehidupan

Kalbe Group Dukung Pencegahan Stunting Melalui 1000 Hari Pertama Kehidupan

 Press Release No. 005/KFCP-DIR/PR/II/19

Bengkulu, 24 Februari 2019 – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini melalui produk Lovamil dan Milna bekerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa PDTT) melakukan upaya pencegahan stunting di kawasan transmigrasi kecamatan Air Majunto, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Dalam kegiatan ini Kalbe melakukan edukasi mengenai pentingnya nutrisi bagi ibu hamil, nutrisi untuk 1000 hari pertama tumbuh kembang anak, sekaligus melakukan pemeriksaan kehamilan melalui USG secara gratis. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 100 ibu hamil dan balita ini juga dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Eko Putro Sandjojo, BSEE, MBA didampingi oleh Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendesa Dr. Ir. H. M. Nurdin, MT serta Yuni Herawati, Director of Women and Kids Nutrition Kalbe Nutritional dan dr. Osar Pane, Kepala Puskesmas Desa Airmajunto Mukomuko.

“Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan untuk hidup yang lebih baik untuk seluruh masyarakat termasuk pencegahan stunting bagi anak-anak,” kata Yuni Herawati, Director of Women and Kids Nutrition Kalbe Nutritional. “Untuk itulah melalui kegiatan ini kami berupaya untuk memberikan perhatian khusus kepada ibu hamil dan anak-anak terutama kebutuhan pangan, kesehatan, dan gizinya sejalan dengan program Periode 1000 Hari Pertama yang dilakukan Kementerian Kesehatan,” lanjut Yuni.

“Kami menyambut baik kegiatan edukasi pencegahan stunting bersama Kalbe Group di Kabupaten Mukomuko ini,” ujar Dr. Ir. H. M. Nurdin, MT selaku Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kemendesa. “Kabupaten Mukomuko merupakan Kabupaten terjauh di Provinsi Bengkulu, kami berharap masyarakat disini terutama para ibu hamil memahami pentingnya nutrisi bagi mereka serta bagi tumbuh kembang balita,” tambah Nurdin.

Kalbe melalui produk Lovamil dan Milna secara rutin sejak tahun 2016 telah melakukan pencegahan stunting melalui program edukasi dan pemberian gizi bagi ibu hamil dan balita di beberapa kota di Indonesia. Edukasi kesehatan ini merupakan salah satu program dalam mendukung pemerintah untuk menurunkan tingkat kematian ibu dan anak saat melahirkan serta mencegah stunting (pendek) pada tumbuh kembang bayi.

Kondisi kesehatan dan gizi ibu sebelum dan saat kehamilan serta setelah persalinan mempengaruhi pertumbuhan janin dan risiko terjadinya stunting. Kejadian balita stunting merupakan masalah gizi utama yang dihadapi Indonesia. Berdasarkan data Pemantauan Status Gizi (PSG) selama tiga tahun terakhir (2015-2017), stunting memiliki prevalensi tertinggi dibandingkan dengan masalah gizi lainnya seperti gizi kurang, kurus, dan gemuk.

Masalah stunting terutama disebabkan karena ada pengaruh dari pola asuh, cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan, lingkungan, dan ketahanan pangan. Dari kondisi ini maka program yang harus dilaksanakan untuk mencegah stunting dan membantu tumbuh kembang bayi dan anak diantaranya Inisiasi Menyusu Dini (IMD), menyusui eksklusif sampai dengan 6 bulan, dan pemberian ASI dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) sampai dengan 2 tahun. (Sumber: Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI)

Sekilas tentang Lovamil
Lovamil hadir untuk memenuhi Gizi selama masa kehamilan dan menyusui dengan rasa jauh lebih Enak dan harga yang Terjangkau. Lovamil Hadir untuk Ibu Hamil Menyusui (2 in 1) yang memiliki kemasan 175gr dan 120gr dengan pilihan rasa coklat, kacang hijau, stroberi & vanila. Lovamil dengan kandungan CINTA (Tinggi Asam Folat, Sumber Protein, Tinggi Kalsium, Tinggi Zat Besi, Sumber serat pangan, 11 Vitamin & 7 Mineral, Ekstrak Daun Katuk) dan hanya CUKUP 1 GELAS SEHARI dapat memenuhi kebutuhan ibu selama masa kehamilan dan menyusui.

Sekilas tentang Milna
Selama lebih dari 30 tahun, Milna secara konsisten terus menciptakan berbagai inovasi baru melalui produk-produk unggulan dan selalu menjadi pilihan pertama Bunda sebagai MPASI terbaik untuk Momen Makan Pertama Si Kecil. Banyak Ibu yang tidak mau menggunakan MP ASI instan karena khawatir mengandung bahan pengawet. Milna hadir menjawab kekhawatiran para Ibu akan kebutuhan makanan bayi instan atau fortifikasi tanpa bahan pengawet sesuai dengan regulasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Milna sangat penting untuk membantu tumbuh kembang optimal dan mencegah stunting balita kita.
Milna terbagi dalam dua kategori yaitu untuk Bayi dibawah 1 tahun dan Batita. Rangkaian produk Milna dibawah usia 1 tahun antara lain adalah Milna Biskuit Bayi dengan keunggulan formula G3 yang mampu menstimulasi pertumbuhan gigi, gampang larut di air/ASI serta gizinya yang lengkap. Untuk varian bubur bayi, Milna punya beberapa pilihan yang tepat untuk Bunda, antara lain: Milna Bubur Bayi dengan Komposisi Gizi Milna untuk nutrisi lengkap dan seimbang untuk Si Kecil, Milna Bubur Organik yang merupakan bubur bayi organik pertama di Indonesia, Bubur Bayi WGAIN untuk mengoptimalkan berat badan Si Kecil, dan khusus untuk Si Kecil yang alergi, Bunda tidak perlu khawatir karena Milna Bubur Goodmil hadir dengan kandungan bebas susu sapi, casein dan gluten untuk tetap melengkapi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil.

Untuk Si Kecil usia 12 Bulan ke atas, Milna mempunyai 3 pilihan snack bergizi, yaitu Milna Toddler Biskuit yang merupakan biskuit sehat untuk menemani aktivitas Si Kecil. Lalu, ada Milna Toddler Pudding yang merupakan snack praktis, rendah gula dan kaya akan serat. Dan terakhir, inovasi paling terbaru dari Milna adalah Milna Nature Delight. Pure buah dalam kemasan praktis yang terbuat dari 100% buah asli tanpa pengawet dan penambahan gula.

Sekilas tentang Kalbe Nutritionals
Kalbe Nutritionals secara aktif terus melakukan pengembangan produk nutrisi, guna mempertajam komitmen di bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. Rangkaian produk nutrisi terbaik yang dimiliki oleh Kalbe Nutritionals seperti Diva, Slim & Fit, Prenagen dan Lovamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi wanita aktif, ibu hamil dan menyusui; Milna dan Morinaga untuk mendukung masa awal pertumbuhan dan perkembangan anak yang sangat penting; Entrasol, Nutrive Benecol, Nulife dan Diabetasol untuk meningkatkan kualitas hidup kaum dewasa dan kaum senior, serta Zee, Zeebar, Fitbar dan Fitchips yang mendukung gaya hidup sehat bagi remaja dan professional modern saat ini.

Sekilas tentang Kalbe
PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll); divisi obat bebas (Promag, Mixagrip, Komix, Woods, Fatigon, dll) dan minuman energi dan siap saji (Hydro Coco, Extra Joss), divisi nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki lebih dari 35 anak perusahaan dan 12 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000 karyawan, yang tersebar di 74 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).

--oOo--

Print
129 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x