Berita Terbaru

Kalbe Peringati Hari Kanker Sedunia Melalui Program Cerdik

Kalbe Peringati Hari Kanker Sedunia Melalui Program Cerdik

Press Release No. 004/KFCP-DIR/PR/II/19

Jakarta, 23 Februari 2019 – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dan Indonesia Cancer Care Community (ICCC) memperingati Hari Kanker Sedunia dengan mengangkat tema “I am and I Will” di Lippo Mall Kemang, Jakarta. Sekitar 350 ratus lebih pasien, survivor, dan pemerhati kanker hadir dalam peringatan ini untuk mengikuti rangkaian kegiatan diantaranya talkshow terkait tema kanker, pemeriksaan kesehatan seperti tensi dan gula darah, serta acara hiburan. Talkshow menghadirkan pembicara dr. Sonar Soni Panigoro Sp. B(K)Onk - Spesialis Bedah Onkologi RS Medistra serta Atrie Irawan & Ria Irawan, sebagai Survivor Kanker yang akan berbagi pengalaman mereka dalam menghadapi penyakit kanker yang dideritanya.

“Kalbe akan terus mewujudkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat, dimana salah satunya terhadap penderita kanker,” ujar Selvinna, Marketing Manager Farma PT Kalbe Farma Tbk. “Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat tergerak memperbaiki gaya hidup sehari-hari agar terhidar dari penyakit kanker, salah satunya melakukan deteksi dini kanker dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala,” lanjut Selvinna.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mencanangkan gerakan masyarakat sehat dengan mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup yang CERDIK untuk hidup bebas kanker. CERDIK meliputi C – Cek kesehatan secara berkala; E – Enyahkan Asap Rokok; R – Rajin Berolahraga; D – Diet seimbang; I – Istirahat yang cukup; K – Kelola stress.
Setiap tahunnya, Hari Kanker Sedunia diperingati pada tanggal 4 Februari, dan Hari Kanker Anak Internasional pada tanggal 15 Februari. Momen ini lebih dari sekedar peringatan karena merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pengenalan penyakit kanker.

Ancaman kanker di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat. Menurut Organisasi Penanggulangan Kanker Dunia dan Badan Kesehatan Dunia, diperkirakan terjadi peningkatan kejadian kanker di dunia 300 persen pada tahun 2030, dan mayoritas terjadi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Secara nasional prevelansi Kanker di Indonesia sebesar 1,4 per 1.000 penduduk. Kanker tertinggi yang terjadi pada perempuan di Indonesia adalah kanker payudara dan kanker serviks. Sedangkan pada laki-laki adalah kanker paru dan kanker kolorektal. Berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI selama tahun 2010-2013, kanker payudara, kanker serviks dan kanker paru merupakan tiga penyakit terbanyak di Jakarta, dan jumlah kasus baru serta jumlah kematian akibat kanker tersebut terus meningkat. (Sumber: Riskesdas 2013, Kementerian Kesehatan)

Sekilas tentang Kalbe Ethical Customer Care (KECC)
Kalbe Ethical Customer Care atau KECC adalah suatu wadah yang dikhususkan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai kesehatan secara menyeluruh. KECC berusaha agar masyarakat sadar dan peduli akan pentingnya kesehatan. Selain itu, masyarakat juga diajak untuk senantiasa mengetahui dan melakukan pencegahan dan pengobatan penyakit terutama penyakit degeneratif atau kronis. Di setiap kegiatannya, KECC juga melakukan berbagai pemeriksaan untuk para peserta seperti: tes kepadatan tulang, gula darah, tekanan darah, dll.

Sekilas tentang Indonesia Cancer Care Community (ICCC)

Indonesia Cancer Care Community (ICCC) merupakan komunitas yang bediri 27 Februari 2010. Didirikan oleh pasien kanker, survivor, dan para pemerhati kanker. ICCC memiliki kegiatan rutin seperti seminar kesehatan terkait kanker, kunjungan pasien kanker ke poli-poli kanker di beberapa rumah sakit, dan outing yang dilakukan setiap tahun sekali. Dalam beberapa kegiatannya, ICCC disupport oleh KECC yang berperan sebagai fasilitator, khususnya dalam penyelenggaraan seminar kanker.


Sekilas tentang Kalbe
PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll); divisi obat bebas (Woods, Promag, Mixagrip, Komix, Fatigon, dll) dan minuman kesehatan (Hydro Coco, Extra Joss, Nitros); divisi nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki lebih dari 35 anak perusahaan, 12 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan lebih dari 17.000 karyawan, yang tersebar di lebih dari 72 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).

--oOo--

Print
132 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x