Berita Terbaru

Kalbe Group Tingkatkan Mutu dan Kualitas Produksi Melalui Kalbe Learning Centre

Kalbe Group Tingkatkan Mutu dan Kualitas Produksi Melalui Kalbe Learning Centre

Press Release No. 003/KFCP-DIR/PR/II/19

Jakarta, 6 Februari 2019PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Learning Centre (KLC) hari ini membuktikan diri sebagai perusahaan farmasi pertama yang memiliki learning centre dengan fasilitas produksi, teknik, analis, logistik dan ruang steril yang mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia.  Kalbe Learning Centre telah meluluskan 7.476 trainee yang siap bekerja di industri farmasi. Sejak tahun 2012 hingga Desember 2018 kelas reguler KLC telah mencapai 245 batch. Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia diserahkan oleh Jaya Suprana, Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kepada Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

“Kalbe secara konsisten mengembangkan sumber daya yang kompeten dalam meningkatkan mutu dan menghasilkan produk obat yang berkualitas,” ujar Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk.  “Kalbe Learning Centre menjadi jembatan penghubung antara calon karyawan lulusan SMK/SMA dengan seluruh manufaktur farmasi Kalbe dalam mempersiapkan pengetahuan dan keterampilan dasar calon karyawan yang dipersyaratkan untuk bekerja di perusahaan farmasi,” lanjut Vidjongtius.

 

Kalbe Learning Centre didirikan pada 17 September 2012, dimana awal berdirinya disusun program pendidikan dan pelatihan reguler untuk menjawab kebutuhan dari empat pabrik yang dimiliki Kalbe Group. Adapun pendidikan dan pelatihan awal yang diberikan meliputi Pendidikan operator cetak, Pendidikan pengemasan sekunder, Pendidikan teknisi (Utilitas dan Maintenance) dan Pendidikan Non PT (Non Produksi & Non Teknik), ditujukan untuk posisi jabatan Administrasi, Staff pendukung di luar produksi. Selain empat program pendidikan reguler tersebut, Kalbe Learning Centre telah berkembang dan menambah program pendidikan dan pelatihan Analis dan Logistik.

Kalbe Learning Centre mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia untuk tiga kategori yaitu, (1) Perusahaan Farmasi Pertama yang memiliki Learning Centre dengan Fasilitas Produksi, Teknik, Analis, Logistik dan Ruang Steril; (2)  Perusahaan Farmasi Pertama yang memiliki Learning Centre untuk Pelatihan Dasar Produksi, Teknisi pada Calon Karyawan; (3) Perusahaan Farmasi Pertama yang memiliki Learning Centre dengan Trainer Karyawan Purna Bakti.

 

Fasilitas di Kalbe Learning Centre mengikuti fasilitas serupa dengan industri farmasi pada umumnya. Dimana ada Area Buffer yang merupakan pemisah antara ruangan yang satu dengan ruangan lain yang berbeda persyaratan ; Area Produksi yang menyediakan mesin produksi, alat-alat pendukung produksi yang tertata sesuai dengan persyaratan dan mendekati situasi ruang produksi pabrik Kalbe Group; Area Pengemasan Sekunder yang merupakan ruang belajar bagi para calon packer untuk melakukan pengemasan terhadap beragam bentuk produk-produk Kalbe Group; Area Fasilitas Teknik yang menyediakan mesin-mesin produksi, HVAC, dan pendukung lain yang dapat membantu para calon teknisi memahami kemampuan dasar teknis yang diperlukan di pabrik farmasi Kalbe Group ; Area  Fasilitas Analisis menyediakan peralatan laboratorium seperti Erlenmeyer, Labu Ukur, Gelas Beaker, HPLC, kacamata pengaman dan peralatan pendukung lain yang mendekati situasi laboratorium Kalbe Group. Dan Area Logistik dimana terdapat rak, palet, barang-barang yang ditata mendekati area logistik yang sebenarnya termasuk peralatan safety yang diperlukan saat bekerja di area logistik.

 

Kalbe Learning Centre pun menyediakan fasilitas lain untuk membantu pengambangan karyawan seperti Area Pengembangan Soft Skill salah satu program di dalamnya adalah Leadership Class. Area Assessment Center yang menyediakan serangkaian simulasi Assessment Center untuk memetakan kompetensi dan pengembangan bagi karyawan.

 

Sekilas tentang Kalbe

PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Brainact, Broadced, dll); divisi obat bebas (Promag, Mixagrip, Komix, Woods, Fatigon, dll) dan minuman energi dan siap saji (Hydro Coco, Extra Joss), divisi nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki lebih dari 35 anak perusahaan dan 12 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000 karyawan, yang tersebar di 74 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).
Print
324 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x