Berita Terbaru

KALBE LUNCURKAN PEMERIKSAAN GENETIK TERBARU DI INDONESIA

KALBE LUNCURKAN PEMERIKSAAN GENETIK TERBARU DI INDONESIA

PRESS RELEASE No. 039/KFCP-DIR/PR/VI/22

 

Jakarta, 17 Juni 2022 – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaan PT Bifarma Adiluhung meluncurkan pemeriksaan genetik terbaru di Indonesia, yaitu KiddyGENME dan PrimeGENME. Kedua pemeriksaan ini dapat menganalisa variasi DNA yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak serta risiko terhadap penyakit degeneratif yang kerap kali menyerang usia lanjut dan produktif.

“GENME by Kalbe yang sudah aktif sejak tahun 2017 telah membuktikan dan mempertahankan secara stabil eksistensinya dengan terus menjadi innovator dalam memberikan pelayanan pemeriksaan genetik untuk menunjang personalized lifestyle hingga activity atau study plan yang berperan dalam optimalisasi kualitas hidup seseorang,” ujar Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Sie Djohan.

Pada tahun 2017, dihadirkan pemeriksaan NutriGENME, lalu tahun 2018 hadir SkinGENME. Pada tahun 2022, GENME berkolaborasi dengan Imagene Labs dari Singapura dalam mengembangkan dua pemeriksaan genetik terbaru di Indonesia.

“KiddyGENME sebagai penilaian bakat dan kepribadian terlengkap untuk tumbuh-kembang anak, berdasarkan genetik dan pendekatan praktis. PrimeGENME sebagai satu solusi total untuk memprediksi penuaan dan penilaian risiko penyakit degeneratif yang mungkin menyerang pada usia lanjut, berdasarkan genetik,” tutur General Manager of Kalbe Genomics Business, Julito Siahaan.

“Kami mengucapkan selamat kepada Kalbe karena telah menjadi yang terdepan dalam bidang kesehatan dan kebugaran yang presisi. Kemitraan ini melanjutkan jalur lintasan yang menarik untuk Imagene Labs dalam menjadi penyedia analisis bioinformatika terkemuka untuk kesehatan presisi di pasar perawatan kesehatan global,” tambah Chief Technology Officer (CTO) dan General Manager (GM) Imagene Labs, Dr. David Klinzing.

Pada peluncuran KiddyGENME dan PrimeGENME, diadakan edukasi berupa talkshow terkait pemeriksaan genetik melalui seminar hybrid bertema Journey to a better ME. Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Cindiawaty Pudjiadi, Sp.GK., mengatakan bahwa satu individu manusia bersifat unik, dan keunikan ini dapat dinilai dalam DNA masing-masing.

“Selama kurang lebih lima tahun saya menggunakan metode gaya hidup, diet, dan olahraga terpersonalisasi dengan bantuan pemeriksaan genetik Nutrigenomik untuk kebutuhan para pasien saya. Hasilnya luar biasa memudahkan pasien dan saya sendiri dalam merekomendasikan gaya hidup yang paling tepat,” ungkap dr. Cindi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Reza Nugraha Yulisar, Sp.PD., MARS, menambahkan, selama ini masyarakat terlalu fokus dalam pengobatan, namun tentu pengobatan lebih mahal daripada pencegahan. Kini, ada solusi dengan bantuan pemeriksaan genetik yang dapat memprediksi dan menilai kecenderungan suatu risiko penyakit degeneratif.

“Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan tekonologi ini untuk bersama-sama melawan penyakit degeneratif dalam menyongsong masa tua, dengan angka harapan hidup yang lebih lama dan sejahtera,” kata dr. Reza.

Di sisi lain, Psikolog Anak Prof. Dr. Seto Mulyadi, M.Si., Psikolog alias Kak Seto mengungkapkan, sudah banyak pemeriksaan terhadap minat dan bakat untuk mendukung tumbuh-kembang anak. Namun, baru sekarang ada teknologi baru yang muncul di Indonesia, yaitu pemeriksaan genetik sekali seumur hidup melalui Kalbe Farma.

“Tentu kita sebagai orang tua patut bersyukur atas adanya teknologi baru ini, diharapkan kita semua bisa melakukan pemeriksaan ini untuk kepentingan tumbuh-kembang dari anak-anak kita yang lebih tepat sasaran, dan tentu dalam rangka mencerdaskan serta mencetak generasi emas anak-anak Indonesia ke depan,” tutur Kak Seto.

Manfaat dari pemeriksaan GENME telah dirasakan langsung oleh Yovita Lesmana selaku mompreneur, dan dia pun tertarik dengan KiddyGENME demi masa depan buah hatinya. Begitu juga dengan Aktor Dion Wiyoko, yang menginginkan hal terbaik untuk tumbuh kembang anaknya yang saat ini masih berusia dini.

“Setelah menjalani pemeriksaan GENME, saya menjadi lebih terarah untuk menjaga tubuh tetap ideal dan menjalankan aktivitas olahraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh saya, dan tentu dalam waktu dekat report KiddyGENME akan hadir untuk memberikan saya wawasan terkait tumbuh kembang anak-anak saya,” aku Yovita Lesmana.

“Saya ingin tumbuh kembang anak saya sehat, bahagia, dan sesuai kemampuan serta keinginan dari anak saya pribadi. Melalui KiddyGENME dan PrimeGENME, saya dapat melihat insight kecenderungan personality hingga behaviour anak saya, sehingga saya dapat melakukan pendekatan gaya belajar dan gaya hidup yang tepat untuk anak saya,” ucap Dion Wiyoko.

Pemeriksaan KiddyGENME meng-cover lebih dari 300 gen marker dan memberikan informasi tentang 34 panel kecenderungan terhadap kepribadian, talenta, hingga eating behaviour. Sebanyak 34  panel mencakup impulsivitas, empati, repetitive behaviour, sports talent, musical creativity, potensi obesitas, dan lain-lain.

KiddyGENME memungkinkan orang tua untuk mengembangkan potensi penuh anak-anak mereka dengan cara yang paling sesuai dengan kecenderungan genetik. Melalui perencanaan yang lebih terarah dalam merancang perkembangan mereka, orang tua dapat memiliki hubungan yang lebih bahagia, tanpa argumen yang tidak diinginkan dari memaksa anak-anak mereka melakukan hal-hal yang tidak mereka sukai.

Sedangkan PrimeGENME, merupakan pemeriksaan genetik yang mengcover lebih dari 1800 gen marker yang berhubungan dengan 34 risiko penyakit degeneratif, termasuk risiko katarak, batu ginjal, kebotakan, penurunan fungsi kognitif, hingga gangguan tidur. Wawasan tersebut memberikan informasi berharga tentang bagaimana merancang dan mempersonalisasi rekomendasi gaya hidup yang tepat, serta asupan nutrisi untuk mempertahankan vitalitas menuju tahun-tahun keemasan seseorang.

Pemeriksaan KiddyGENME dan PrimeGENME juga dilengkapi interpretasi dan konsultasi dengan seorang profesional. Keunggulan keduanya dibandingkan pemeriksaan lain ialah dari segi pemilihan gen yang secara penelitian sudah dikurasi dari 8000 scientific paper, database genetic yang multi-etnis, dan bio-informatika yang sudah terpatenkan.

Pemeriksaan hanya dilakukan satu kali seumur hidup dan bisa dilakukan sedini mungkin, karena sangat mudah. Prosesnya, hanya dengan menggunakan air liur (kandungan DNA dari dinding mukosa mulut) dan ditampung dalam kit lengkap dengan pengawetnya.

Kemudian, hasil tes akan tersedia 3-4 minggu setelah sampel diterima oleh Laboratorium. Seluruh hasil pemeriksaan genetik yang diterima selanjutnya akan dikonsultasikan dengan profesional, yang akan memberikan rekomendasi gaya hidup atau aktivitas dan studi yang tepat bagi pasien untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas.

Sebelumnya, Kalbe telah memiliki pelayanan pemeriksaan genomik yaitu NutriGENME dan SkinGENME. NutriGENME merupakan pemeriksaan genetik yang mengaitkan kebutuhan nutrisi dan olahraga yang tepat sehingga menunjang pola hidup yang lebih sehat. Pemeriksaan NutriGENME mengecek 78 gen dengan total 12 panel.

Sedangkan SkinGENME, merupakan pemeriksaaan genetik yang dapat memprediksi kecenderungan risiko penuaan pada kulit berdasarkan gen, yang selanjutnya akan mendapatkan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kondisi gen seseorang. Dengan hadirnya KiddyGENME dan PrimeGENME, semakin melengkapi layanan Kalbe Genetik dalam mendukung peningkatan kualitas hidup pasien.

Pemeriksaan GENME dapat dilakukan dengan layanan home service dengan menghubungi Customer Relation GENME 0852-81112343. Selain itu dapat mengunjungi website www.genme.id dan instagram @kiddygenme dan @primegenme untuk melihat artikel, tips dan memberikan arahan gaya hidup dan pembelajaran tepat sesuai gen dan mendukung pola hidup yang lebih sehat dan berkualitas.

 Untuk mengetahui berita tentang topik Nutrigenme, silakan cek di sini: https://www.kalbe.co.id/news-and-events/ArtMID/443/ArticleID/894

https://www.kalbe.co.id/news-and-events/ArtMID/443/ArticleID/748

Sekilas tentang Bifarma Adiluhung

PT. Bifarma Adiluhung adalah sebuah anak perusahaan Kalbe Farma dalam bidang bioteknologi yang bertujuan menyediakan obat generik biofarmasi yang terbukti secara klinis dan berkualitas serta mengembangkan biofarmasetika inovatif & pemeriksaan kesehatan yang membutuhkan pengembangan dari segi ilmiah dan klinis di pasar global. PT. Bifarma Adiluhung berlokasi di Kawasan Industri Pulogadung (JIEP) Gedung Kalbe Business Innovation Centre Lantai 3, Jl. Raya Pulogadung No. 23, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13930.

Salah satu service unggulan dari PT. Bifarma Adiluhung adalah Pemeriksaan Biomolekuler Genetika yang berhubungan dengan kesehatan, risiko penyakit hingga aktivitas fisik, yaitu NutriGENME. Telah hadir di Indonesia sejak tahun 2017, NutriGENME merupakan salah satu pioneer dan market leader yang bertahan dalam pasar pemeriksaan genetik untuk kesehatan di Indonesia.

 

Sekilas tentang Kalbe

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep, divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas, multivitamin dan minuman supplemen siap saji, divisi nutrisi; dan divisi distribusi & logistik.

 

Kalbe juga telah mengembangkan ekosistem layanan digital bagi masyarakat yang bersifat B2B yakni EMOS dan layanan B2C yakni KlikDokter. EMOS adalah sistem aplikasi order management yang memudahkan saluran distribusi melakukan manajemen stok atau supply chain, sedangkan KlikDokter adalah platform digital untuk layanan kesehatan khususnya telemedicine yang menyediakan konsultasi kesehatan dan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

 

Kalbe kini memiliki lebih dari 40 anak perusahaan dan 15 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 16.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).

 

Print
177 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x