Berita Terbaru

KALBE DAN LOVEPINK KOLABORASI GERAKAN 1000 USG PAYUDARA GRATIS

KALBE DAN LOVEPINK KOLABORASI GERAKAN 1000 USG PAYUDARA GRATIS

PRESS RELEASE No. 038/KFCP-DIR/PR/VI/22


Jakarta, 15 Juni 2022PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) divisi Onkologi (One Onco) berkolaborasi dengan Lovepink (komunitas pasien kanker payudara) mengadakan Gerakan 1000 USG Payudara Gratis untuk perempuan pra-sejahtera. Kegiatan ini diadakan di beberapa rumah sakit, salah satunya RS Mitra Keluarga Jatiasih, Bekasi, pada Rabu, 15 Juni 2022.

“Deteksi dini kanker payudara bisa menyelamatkan hidup kita. Cara untuk melakukannya, selain dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri), adalah dengan SADANIS (Periksa Payudara Klinis),” ujar Presiden Direktur dan Leader One Onco, dr. Selvinna.

Ia mengatakan bahwa sebanyak 70 persen kasus kanker payudara ditemukan pada pasien stadium tiga ke atas, sehingga sel kanker telah menyebar. Padahal, SADARI tentu bisa dilakukan dengan mudah, namun sayangnya tidak semua orang memiliki akses untuk melakukan SADANIS akibat keterbatasan finansial.

SADANIS dapat dilakukan setiap bulan pada hari ketujuh hingga ke-10, terhitung dari hari pertama haid; atau pada tanggal yang sama setiap bulan bagi perempuan yang sudah menopause. Apabila melakukan SADARI dan SADANIS secara berkala, kanker payudara dapat ditemukan pada stadium dini dan meningkatkan angka harapan hidup pada penderitanya.

Maka dari itu, diharapkan dengan Gerakan 1000 USG Payudara Gratis dapat membantu semakin banyak perempuan Indonesia yang kurang mampu dalam memeriksakan kesehatan payudara secara klinis. Hal ini juga demi tercapainya cita-cita Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut di tahun 2030.

“Kalbe memiliki komitmen untuk meningkatkan awareness pada penyakit kanker, khususnya di ranah deteksi dini, karena dapat diminimalisir keganasan kanker. Kami menyadari bahwa hal ini tidak bisa berjalan sendiri, membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak,” tutur dr. Selvinna.

“Harapan kami, dengan semakin meningkatnya akses pemeriksaan USG payudara, semakin banyak wanita yang terdeteksi secara klinis. Sehingga, perawatan dapat dilakukan sesegera mungkin dan angka bertahan hidup yang tinggi,” tambah Direktur Corporate Branding and Communication Management Mitra Keluarga, dr. Nurvantina Pandina, M.M.

Sementara itu, sejak bulan Oktober 2021 Lovepink berinisiatif mengorganisir program Gerakan USG Payudara Gratis bagi perempuan pra-sejahtera di Indonesia. Lovepink menggandeng sejumlah rumah sakit dan mengundang pihak-pihak yang ingin berpartisipasi untuk mendanai program tersebut.

Hingga saat ini, Lovepink sudah memberikan akses pemeriksaan USG payudara kepada lebih dari 2100 perempuan pra-sejahtera. Kegiatan ini masih akan berlanjut di Jabodetabek, Jogja, Jember, Padang, Bandung, dan Banjarbaru.

“Semoga cara ini bisa membantu semakin banyak perempuan Indonesia yang kurang mampu dapat memeriksakan kesehatan payudaranya secara klinis, demi tercapainya cita-cita Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut di tahun 2030,” kata Wakil Ketua Lovepink, Tri Oetami.

Sedangkan Ultra Pink, merupakan gerakan yang digagas oleh beberapa siswa-siswi sekolah internasional. Di antaranya, Mentari Intercultural School Jakarta, Binus School Simprug, Jakarta International School, British International School, Sekolah Cita Buana, Sekolah Al Izhar.

“Para siswa-siswi itu mengadakan konser amal virtual untuk mendukung Gerakan 1000 USG Payudara Gratis yang diselenggarakan oleh Lovepink. Peran generasi muda amat sangat penting untuk mewujudkan Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut dengan turut menyuarakan pentingnya deteksi dini kanker payudara,” papar Perwakilan UltraPink, Fertina Tarasari.

Selanjutnya, akan diadakan Instagram Live untuk meningkatkan awareness di sosial media tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara. Pembahasan tersebut berlangsung di Instagram @one.onco @lovepinkindonesia dan @mitrakeluarga dengan menghadirkan para leader untuk sharing dan menginformasikan kegiatan Gerakan 1000 USG Payudara Gratis.

Untuk mengetahui berita tentang topik kanker payudara, silakan cek di sini: https://www.kalbe.co.id/news-and-events/ArtMID/443/ArticleID/857  


Sekilas tentang One Onco

OneOnco adalah sebuah ekosistem berbasis digital yang dibangun oleh tim Oncology Kalbe, yang bertujuan untuk menjadi support system bagi para stakeholder kanker di Indonesia, khususnya para warrior, survivor dan caregiver kanker melalui : 1. Update informasi seputar kanker yang valid dan terpercaya, 2. Akses layanan konsultasi seputar kanker secara daring , 3. Akses untuk deteksi dini kanker yang lengkap dan terjangkau serta 4. Akses informasi seputar fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan serta komunitas kanker di Indonesia. Ekosistem OneOnco ini dijiwai oleh semangat Inovasi teknologi serta kolaborasi dengan seluruh stakeholder yang relevan dengan kesehatan, khususnya kanker di Indonesia. Nilai tambah yang ingin diberikan melalui ekosistem ini kepada masyarakat dan penyintas adalah :

  1. Membantu meningkatkan literasi serta kesadaran masyarakat akan informasi yang benar seputar kanker mulai dari deteksi dini hingga pengobatan serta paliatif.
  2. Menjadi sistem support yang handal bagi para penyintas kanker pada khususnya serta masyarakat luas pada umumnya.


Sekilas tentang Kalbe

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep, divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas, multivitamin dan minuman supplemen siap saji, divisi nutrisi; dan divisi distribusi & logistik.

 

Kalbe juga telah mengembangkan ekosistem layanan digital bagi masyarakat yang bersifat B2B yakni EMOS dan layanan B2C yakni KlikDokter. EMOS adalah sistem aplikasi order management yang memudahkan saluran distribusi melakukan manajemen stok atau supply chain, sedangkan KlikDokter adalah platform digital untuk layanan kesehatan khususnya telemedicine yang menyediakan konsultasi kesehatan dan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

 

Kalbe kini memiliki lebih dari 40 anak perusahaan dan 15 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 16.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:KLBF).

 

Print
344 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

Name:
Email:
Subject:
Message:
x