Tanggung Jawab Sosial Kalbe

Sejalan dengan misi Perseroan untuk memberikan kontribusi pada masyarakat dan lingkungan, serta menciptakan pertumbuhan nilai yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan, Kalbe berkomitmen melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) secara berkelanjutan.

Aktivitas CSR Kalbe dikembangkan berlandaskan prinsip-prinsip “triple-bottom-line: People-Planet-Profit (Masyarakat- Lingkungan-Profit)”, guna menjaga keseimbangan yang harmonis antara kinerja keuangan (profit), masyarakat (people) dan lingkungan (planet).

Program CSR Kalbe meliputi empat area utama berikut:

  1. pengembangan masyarakat;
  2. perlindungan lingkungan;
  3. praktik ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja; serta
  4. tanggung jawab produk.

Pemberdayaan Masyarakat

Kegiatan pengembangan masyarakat Kalbe terus mencari peluang untuk melaksanakan program-program di bidang pengembangan pendidikan, lingkungan dan infrastruktur. Kegiatan tersebut dikoordinasikan oleh Unit Tanggung Jawab Sosial yang khusus dan purna waktu, yang langsung bertanggung jawab kepada Direksi. Unit tersebut terutama bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan program Kalbe Berbagi, yang menjadi payung dari seluruh kegiatan pengembangan masyarakat Kalbe.

Kalbe Berbagi – Kesehatan

Memfokuskan pada upaya menyediakan akses lebih luas ke layanan kesehatan bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung di daerah-daerah terpencil.

Kalbe Berbagi – Pendidikan

Memberikan prioritas pada pengembangan pendidikan ilmu hayati di Indonesia, sejalan dengan motto Perseroan untuk meraih kemajuan ilmu pengetahuan bagi kehidupan yang lebih baik.

Kalbe Berbagi – Lingkungan

Membantu masyarakat dalam pembangunan lingkungan yang lebih baik sehingga mereka dapat menikmati hidup yang lebih sehat.

Kalbe Berbagi – Sarana & Prasarana

Menggarisbawahi keterlibatan Kalbe dalam pembangunan infrastruktur, terutama yang terkait dengan inisiatif perbaikan kesehatan masyarakat.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, program Kalbe Berbagi sangat bergantung pada keterlibatan para karyawan Kalbe sebagai relawan. Di tahun 2015, karyawan dari kantor pusat, lokasi-lokasi pabrik dan kantor-kantor cabang terus mengulurkan tangan untuk mendukung misi sosial Kalbe guna membangun Indonesia yang lebih sehat.

Pada tahun 2015, tema kegiatan tanggung jawab sosial Perseroan adalah meningkatkan kualitas layanan menuju kehidupan yang lebih baik. Pelayanan kepada para pemangku kepentingan merupakan bentuk tanggung jawab Perseroan kepada seluruh pemangku kepentingan. Total, sebesar Rp 78 miliar telah dimanfaatkan untuk mendukung misi sosial Perseroan.