Rating : ratings 0.0%

Suplemen Psyllium Menurunkan Kadar Kolesterol

(26-Jul-2010)
Oleh: NFA
Print Preview
Suplemen Psyllium Menurunkan Kadar KolesterolKalbe.co.id - Ingin menurunkan kadar kolesterol? Cobalah mengonsumsi psyllium. Sumber serat larut ini sudah dipasarkan sebagai laksatif selama lebih dari 60 tahun dengan merek dagang Metamucil. Tapi sekarang, peneliti mengungkap bahwa psyllium juga mempunyai kandungan penurun kolesterol.

Berapa dosis yang tepat? Sekitar 10 gram saja sehari bisa menurunkan kolesterol total sebanyak lima persen dan kadar kolesterol jahat LDL sebanyak sembilan persen.

Dosis anjuran: 10 gram sehari melalui suplemen psyllium yang dijual bebas di apotek, seperti Metamucil, Citrucel atau Fiberall.

Kontraindikasi: Perbanyak asupan air putih untuk mengurangi efek perut kembung dan gas serta mencegah konstipasi.

Idealnya, Anda sebaiknya mendapatkan serat larut melalui buah, sayuran dan kacang polong. Tapi jika merasa kekurangan asupan makanan kaya serat larut, cobalah menggunakan suplemen psyllium.

Bukti ilmiah
Dalam sebuah analisis mengenai delapan studi berbeda, peneliti dari University of Kentucky menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 10 gram psyllium sehari selama delapan minggu bisa mengurangi kadar kolesterol jahat LDL sebanyak tujuh persen.

Siapa yang sebaiknya menggunakan? Jika Anda tidak mengonsumsi paling tidak 25 gram serat dari makanan per hari, suplemen ini bisa membantu.

Bookmark and Share

Related Articles:

http://www.kalbe.co.id/files/product/banner/banner_default_120x50
http://www.kalbe.co.id/files/product/banner/hepasil_(120x50)
Calendar of Events