
Kalbe.co.id - Dua penelitian meragukan nilai suplemen gizi pada pasien dengan HIV. Studi pertama, yang diterbitkan dalam Clinical Infectious Diseases edisi 1 Juli 2010 menunjukkan bahwa pemberian dukungan gizi hanya memiliki sedikit manfaat pada orang dewasa dengan HIV tanpa wasting yang parah. Studi yang terpisah dilakukan di antara anak HIV positif di Uganda, dan diterbitkan dalam Journal of the International AIDS Society menunjukkan bahwa menggunakan dosis dua kali lipat dari vitamin dan mineral tidak mempengaruhi pengembangan penyakit, serta tidak meningkatkan berat badan atau jumlah CD4.
Sejumlah 636 pasien yang belum pernah menggunakan antiretroviral (ARV) mendaftarkan diri dalam studi pada orang dewasa dan dalam dasar tiga-pada-satu, mereka diberikan suplemen gizi atau perawatan standar, “Kami melihat peningkatan dalam berbagai parameter gizi, namun hal ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan secara statistik dibandingkan dengan kelompok kontrol
Namun demikian, para peneliti percaya bahwa penelitian mereka telah membuat sejumlah kontribusi penting, terutama bahwa mereka menunjukkan bahwa pemberian dukungan gizi pada populasi yang tidak memiliki makanan yang cukup melalui klinik dapat dilakukan.
Suplemen dan hasil gizi di antara orang dengan HIV positif di India
Ketidakcukupan makanan menyebar luas di wilayah dunia yang paling terdampak oleh HIV. Malnutrisi biasa terjadi di wilayah ini, dan hal ini telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit yang lebih cepat.
Para peneliti berhipotesis bahwa pemberian suplemen dengan tambahan kalori dan lemak dapat meningkatkan status gizi dari pasien dengan HIV, dan mungkin komposisi tubuh dan jumlah CD4 mereka. Oleh karena itu mereka melakukan studi prospektif selama enam bulan di India Selatan antara tahun 2005 dan 2007.
Pada kunjungan awal pertama, pasien memberikan rincian diet mereka ke ahli gizi yang menghitung asupan kalori, protein dan lemak harian mereka. Tinggi dan berat badan pasien dinilai dan massa tubuh dihitung. Ukuran lengan tengah pasien juga diukur.
Sampel darah diperoleh untuk menilai jumlah CD4, hemoglobin, serum albumin, trigliserida, dan kolesterol pasien. Semua pasien diberikan multivitamin dan profilaksis terhadap infeksi oportunistik.
Pemberian suplemen gizi yang menyediakan 400 kalori per hari, 15g protein dan 6g lemak diberikan kepada tiga perempat dari pasien. Seperempat pasien lainnya merupakan kelompok kontrol.
Setelah enam bulan, dampak dari pemberian gizi pada berat badan, indeks massa tubuh, komposisi tubuh, jumlah CD4 dan kimia darah diukur.
Ada tingkat yang tinggi dari penghentian (30%), dan 10% dari pasien meninggal. Para pasien yang tidak menyelesaikan studi memiliki perkembangan HIV yang lebih lanjut, memiliki jumlah CD4 yang secara signifikan lebih rendah (p < 0,001) dan memiliki serum albumin yang lebih rendah (p < 0,001) dibandingkan individu yang menyelesaikan studi.
Para peneliti berkomentar, “pasien yang sakit berat, yang akan memulai terapi ARV, atau yang memerlukan rawat inap tidak disertakan dalam studi ini, dan ini mungkin merupakan kelompok yang paling mungkin akan mendapatkan manfaat.”
Dari 361 pasien yang menyelesaikan studi, 282 menerima suplemen. Usia rata-rata adalah 31 tahun dan berat badan rata-rata adalah 50 kg. Sekitar sepertiga pasien memiliki malnutrisi parah.
Meskipun pasien dalam kelompok kontrol memiliki asupan kalori harian yang lebih rendah (1.1616 vs 1.911, p < 0,001), mereka tetap memiliki jumlah CD4 awal yang lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang menerima suplemen (488 vs 365). Analisis pertama dari para peneliti menunjukkan bahwa pemberian suplemen memiliki beberapa keuntungan. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, orang-orang yang menerima pemberian gizi selama enam bulan memiliki peningkatan yang signifikan dalam berat badan, indeks massa tubuh, lingkar tengah lengan, dan tingkat albumin (semua p < 0,001).
Namun, setelah menyesuaikan perbedaan awal dari jumlah CD4, usia dan jenis kelamin di antara dua lengan studi, tidak ada dari perubahan ini tetap signifikan secara statistik.
Selanjutnya, para peneliti mengategorikan pasien yang menerima suplemen sesuai dengan jumlah CD4 mereka: di bawah 200, 201-499, dan di atas 500.
Terlepas dari jumlah CD4, pemberian suplemen selama enam bulan meningkatkan berat badan, indeks massa tubuh dan lingkar lengan tengah (p < 0,001). Perbaikan terbesar dilihat pada pasien dengan jumlah CD4 terendah.
Tulis para peneliti, “singkatnya, pemberian suplemen mikro gizi padat tidak memiliki manfaat tambahan pada parameter nutrisi atau fungsi kekebalan tubuh di antara pasien yang belum pernah menggunakan ARV di India Selatan, dibandingkan dengan perawatan standar yang berkualitas tinggi. Efek dari pemberian suplemen dari subset pasien khusus dan dalam menjaga fungsi imun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.”
Gizi mikro dan perkembangan penyakit pada anak-anak
Sebuah studi terpisah yang dilakukan pada anak HIV-positif di Uganda menemukan bahwa peningkatan dosis gizi mikro kunci tidak mengurangi risiko perkembangan penyakit.
Sebanyak 847 anak berusia antara 1 dan 5 tahun direkrut untuk penelitian, yang diterbitkan dalam Jurnal International AIDS Society. Anak-anak secara acak menerima dua kali lipat asupan gizi harian yang direkomendasikan dari 14 vitamin dan mineral, yang digunakan setiap hari untuk dua belas bulan, atau menggunakan dosis harian dari enam vitamin, yang digunakan selama enam bulan.
Setelah 12 bulan, 6% dari anak-anak yang menerima jumlah vitamin dan mineral dua kali lipat meninggal dibandingkan dengan 7% dari mereka yang menerima dosis standar.
Tingkat kematian juga serupa di antara kedua kelompok ketika para peneliti membatasi analisis mereka untuk yang memakai terapi ARV (7% vs 7%). Selain itu, peningkatan jumlah vitamin dan mineral tidak memiliki manfaat baik untuk berat badan maupun untuk jumlah CD4.