131
CDK 175 / vol.37 no. 2 / Maret - April 2010
M
enggabungkan asam lemak omega 3 dengan glu-
kosamin akan menghasilkan perbaikan kesehatan
sendi lebih besar dibandingkan dengan gluko-
samin saja. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Ad-
vanced in Therapy adalah uji klinis pertama untuk mengeta-
hui efek kombinasi glukosamin/asam lemak omega 3 pada
penderita osteoarthritis (OA).
Selama ini, glukosamin yang ada di pasaran diekstraksi dari
kerang, udang dan kepiting. Bahan bakunya juga sering
dikombinasikan dengan kondroitin sulfat yang diektraksi
dari kartilago binatang misalnya dari ikan hiu.
Diperkirakan sekitar tujuh juta orang di Inggris menderita
masalah kesehatan sendi dalam jangka panjang. Sekitar
206 juta hari kerja hilang karena OA dan ini setara dengan
hilangnya £18 miliar produkti tas. Dari 177 pasien OA yang
menggunakan glukosamin dan asam lemak omega 3, 27%
lebih merespon pengobatan dibandingkan dengan gluko-
samin saja, dan perbedaannya bermakna secara statistik.
Dr. Gruenwald merekrut 177 pasien OA pinggul dan lutut
derajat sedang-berat dan secara acak diberi glukosamin
sulfat atau glukosamin yang dikombinasi dengan asam le-
mak omega 3. Pada penelitian ini tidak digunakan plasebo
dengan alasan etis, karena subyek penelitian adalah pen-
derita OA derajat sedang-berat.
Setelah diterapi selama 26 minggu, perbedaan bermakna
terlihat pada tingkat nyeri yang diukur menggunakan skor
Western Ontario and McMaster Universities Arthrosis index
(WOMAC).
Sesungguhnya, obat kombinasi menurunkan kekakuan pagi
hari, nyeri pinggul dan lutut antara 48,5 - 55,6% dibanding-
kan penggunaan glukosamin saja yang penurunannya se-
besar 41,7 - 55,3%. Dengan hasil ini peneliti menyimpulkan
bahwa asam lemak omega 3 menghambat proses in amasi
pada OA, sementara glukosamin sulfat memperbaiki sub-
stansi kartilago yang hilang.
Hasil penelitian Burn sebelumnya juga mendukung. Burn
et al. menemukan bahwa pemberian asam lemak ome-
ga 3 dapat menurunkan rasio asam arakhidonat dengan
eicosapentaenoic acid pada pasien sehat dan pasien
dengan penyakit pembuluh koroner yang menetap (sta-
ble CAD).
(SFN)
REFERENSI:
Daniells S. Omega-3 plus glucosamine `superior' for joint health: Study.
1.
Breaking News on Supplements & Nutrition -North America. November
30, 2009. Available from http://www.nutraingredients-usa.com/content/
view/print/268999
Gruenwald J, Petzold E, Busch R, Petzold HP, Graubaum HJ. Effect of
2.
glucosamine sulfate with or without omega-3 fatty acids in patients with
osteoarthritis. Advances in Therapy. 26 (9), 858-71
Burns T, Maciejewski SR, Hamilton WR, Zheng M, Mooss AN, Hil-
3.
leman DE. Effect of Omega-3 Fatty Acid Supplementation on the
Arachidonic Acid:Eicosapentaenoic Acid Ratio. Available from
http://www.atypon-link.com/PPI/doi/abs/10.1592/phco.27.5.633?
cookieSet=1&journalCode=phco
BERITA TERKINI
Omega 3 dan Glukosamin Baik
untuk Kesehatan Sendi
IMAGE BANK
CDK Maret April DR.indd 131
CDK Maret April DR.indd 131
2/23/2010 4:16:11 AM
2/23/2010 4:16:11 AM