background image
B E R I T A T E R K I N I
CDK 172/vol.36 no.6/September - Oktober 2009
438
P
ada orang dengan hipokalemia, penurunan kadar ion
kalium darah menyebabkan masalah pada fungsi otot yang
vital. Menurut para peneliti Yunani yang melakukan
tinjauan terhadap orang-orang yang minum antara dua
sampai sembilan liter cola sehari, gejala-gejalanya dapat
berkisar dari ringan sampai kelumpuhan serius.
Dua di antara pasien adalah wanita hamil yang masuk
rumah sakit dengan kadar kalium yang rendah. Salah
satunya adalah wanita berumur 21 tahun yang minum
sampai tiga liter dari cola sehari dan mengeluh kelelahan,
kehilangan nafsu makan dan muntah . para peneliti
menjelaskan bahwa hasil elektrokardiogram mengungkap-
kan dia memiliki hambatan jantung, dan tes darah menun-
jukkan dia memiliki kadar natrium rendah.
Pasien kedua yang hamil, yang mengkonsumsi sampai
tujuh liter cola sehari selama 10 bulan, mempunyai kadar
kaliium dan menderita kelemahan otot meningkat, para
peneliti mencatat.
Kedua pasien mengalami pemulihan cepat dan penuh setelah
mereka berhenti minum cola dan menerima suntikan atau
bentuk oral dari kaliium. Studi kasus yang dijelaskan di
International Journal of Clinical Practice edisi Juni 2009.
Dr. Musa Elisaf, dari Universitas Ioannina, mengatakan "Kita
lebih banyak minum softdrink dibandingkan sebelumnya,
dan sejumlah masalah kesehatan telah diidentifikasi terma-
suk masalah gigi, demineralisasi tulang dan pengembangan
sindroma metabolik dan diabetes. Ada banyak bukti bahwa
konsumsi cola berlebihan mengarah ke hipokalemia.
Elisaf mengatakan tiga paling umum dalam bahan cola yaitu
glukosa, fruktosa dan kafein, dapat memberikan kontribusi
pada hipokalemia.
Menurut Elisaf, "Peran individual masing-masing bahan
dalam patofisiologi hipokalemia yang diinduksi cola belum
ditentukan dan mungkin berbeda untuk setiap pasien".
"Namun demikian, dalam sebagian besar kasus yang kami
kaji, kafein diperkirakan memainkan peran yang paling
penting. Telah banyak studi kasus lainnya yang berfokus
pada produk yang mengandung kafein tinggi, tanpa
glukosa atau fruktosa. "
Namun demikian, "Produk cola bebas kafein juga dapat
menyebabkan hipokalemia karena kandungan fruktosanya
dapat menyebabkan diare," kata Elisaf.
(NFA)
Sumber:
International Journal of Clinical Practice, berita rilis, 19 Mei 2009
Sebuah studi menemukan penurunan kadar kalium dapat mengakibatkan
kelemahan ringan atau lumpuh sementara. Para ahli memperingatkan, minum
terlalu banyak cola dapat meningkatkan risiko masalah otot yang disebut hipokalemia.
Kebanyakan Cola Menyebabkan
Kebanyakan Cola Menyebabkan
Masalah pada Otot
Masalah pada Otot
Kebanyakan Cola Menyebabkan
Masalah pada Otot