Rating : ratings 0.0%

Vitamin D Rendah Berisiko Terjadi Aterosklerosis

(02-Aug-2011)
Oleh: KTW
Print Preview
Vitamin D Rendah Berisiko Terjadi AterosklerosisKalbe.co.id - Peneliti dari Northern Manhattan Study telah mengidentifikasi bukti baru mengenai hubungan rendahnya kadar vitamin D dengan kejadian aterosklerosis. Mereka menemukan bahwa kadar 25-hidroksivitamin D yang rendah akan meningkatkan pengerasan intima-media dan ketebalan karotid akibat plak. Hal ini disampaikan oleh peneliti senior Dr. Shonni Silverberg, dari the Columbia University College of Physicians and Surgeons, New York. yang dipublikasikan dalam jurnal Stroke pada bulan Agustus tahun 2011 ini.

Para peneliti melibatkan sebanyak 203 orang dewasa yang diukur kadar vitamin D serum dan ultrasonografi karotis. Mereka mengukur kadar 25-hidroksivitamin D, 1,25-dihydroxyvitamin D, kalsium, fosfor, dan hormon paratiroid. Setelah disesuaikan untuk faktor risiko kardiovaskular, para peneliti menemukan bahwa jumlah plak dikaitkan dengan kadar fosfor (beta, 0,39 per peningkatan 1-mg/dL; P=0,02) dan kalsium-fosfor (beta, 0,36 per meningkat 10-U; P=0,03). Mayoritas (57%) dari mereka telah mengalami plak, dan peneliti menemukan hubungan antara jumlah plak dengan kadar fosfor dan kalsium-fosfor.

Mereka juga menemukan bahwa 25-hidroksivitamin D berbanding terbalik dengan ketebalan media intima (beta, -0,01 per peningkatan 10-ng/mL; P=0,05) dan ketebalan plak karotid (beta, -0,10 peningkatan per 10-ng/mL; P=0,03). Dalam model yang mengandung faktor risiko penyakit jantung dan indeks dari metabolisme mineral, 25-hidroksivitamin D menyumbang 13% ketebalan intima-media dan ketebalan plak karotid.

 

Image adopted from www.usagainstathero.com


Bookmark and Share

Related Articles:

http://www.kalbe.co.id/files/product/banner/angioten_(120x50)
http://www.kalbe.co.id/files/product/banner/cholestat_(120x50)
Calendar of Events