
Kalbe.co.id - Perempuan yang mengkonsumsi sejumlah sayuran berdaun gelap yang kaya akan lutein dan zeaxanthin, tampaknya punya perlindungan lebih baik terhadap perkembangan katarak. Demikian dinyatakan di dalam jurnal
Archives of Opthalmology (
JAMA/Archieves) edisi Januari 2008. Para peneliti menjelaskan hipotesis oksidatif yang menjelaskan bahwa radikal bebas dapat merusak protein lensa mata dan membran sel serta nutrien dengan kemampuan antioksidan mampu melindungi terhadap perubahan ini.
Dipercaya bahwa vitamin E, vitamin C, beta karoten, lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan efektif. Lutein dan zeaxhantin merupakan satu-satunya karotinoid yang ada dalam lensa mata manusia. Mereka melindungi kita dari katarak dengan menyaring cahaya biru yang merusak. Karotenoid adalah pigmen alami larut lemak yang ditemukan dalam tanaman tertentu.
William G. Christen, Sc. D. dan tim dari
Brigham & Woman’s Hospital and
Harvard Medical School, Boston melihat data diet 35.551 perempuan profesional kesehatan yang menjadi bagian dari
Women’s Health Study (1993). Perempuan ini dimonitor selama rata-rata 10 tahun. Diet perempuan yang mengalami katarak dibandingkan dengan diet perempuan yang bebas katarak.
Peneliti melaporkan bahwa 2.031 perempuan yang menjadi katarak selama periode 10 tahun. Mereka memisahkan perempuan menjadi 5 kelompok, tergantung bagaimana banyaknya lutein dan zeaxanthin yang dikonsumsi. Temuan mereka sebagai berikut :
Perempuan yang mengkonsumsi sekitar 6,716 mikrogram lutein dan zeaxanthin (kelompok atas) per hari punya kecenderungan 18% lebih rendah berkembang menjadi katarak dibandingkan perempuan yang mengkonsumsi 1,177 mikrogram per hari (kelompok bawah).
20% yang mengkonsumsi vitamin E tertinggi dari makanan/suplemen, kira-kira 262,4 miligram tiap hari, punya 14% lebih rendah kemungkinan menjadi katarak, dibandingkan 20% konsumen terendah yang mengkonsumsi 4,4 miligram per hari.
Kesimpulan para peneliti bahwa data prospektif dari studi kohort besar para profesional keshatan perempuan ini mengindikasikan asupan lutein/zeaxanthin dan vitamin E lebih tinggi berkeitan dengan penurunan risiko katarak. Walaupun data dari trial acak adanya akumulasi vitamin E, data trial acak untuk lutein/zeaxanthin belum ada. Informasi ini untuk mengklarifikasi penggunaan suplemen lutein/zeaxanthin dan menghasilkan bukti andal untuk rekomendasi kesehatan publik dalam pencegahan katarak menggunakan suplemen vitamin.