Rating : ratings 0.0%

Merkuri di dalam Ikan Terkait dengan Tekanan Darah Tinggi

(22-Oct-2009)
Oleh: NFA
Print Preview
Merkuri di dalam Ikan Terkait dengan Tekanan Darah TinggiKalbe.co.id - Meskipun penelitian baru menghubungkan merkuri dalam seafood dengan tekanan darah tinggi, hal ini bukan alasan yang cukup bagi kebanyakan orang untuk berhenti makan ikan. Menurut Dr Eric Dewailly, seorang profesor di department of social and preventive medicine Universitas Laval di Quebec dan penulis utama laporan jurnal Hypertension edisi 5 Oktober 2009, peningkatan kecil tekanan darah akibat metil merkuri tidak sebanding dengan manfaat asam lemak omega 3.

Diet kaya asam lemak omega 3 dari minyak ikan, seperti lemak sarden, ikan herring, trout dan salmon, semuanya berkaitan dalam banyak studi dengan penurunan risiko kematian akibat serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. American Heart Association merekomendasikan makan dua kali seminggu yang mengandung empat sampai dengan enam ons ikan tersebut.

Tapi karena ikan dapat mengandung metil merkuri kadar tinggi , yang dapat mengganggu perkembangan normal sistem saraf dan otak pada janin dan bayi baru lahir, US Food and Drug Administration menyarankan wanita hamil, mereka yang berusaha untuk hamil, menyusui perempuan dan anak-anak untuk membatasi asupan ikan.

Panduan FDA membatasi asupan ikan rendah merkuri bagi individu sampai 12 ons seminggu dan ikan kadar merkuri tinggi untuk tiga porsi 6 ons sebulan. FDA juga menyarankan menghindari ikan yang paling mirip satu sama lain untuk membawa tingkat tertinggi merkuri seperti hiu, todak, king mackerel dan tilefish.

Pada awalnya, studi Kanada muncul untuk menambah tekanan darah tinggi ke daftar masalah yang terkait dengan metil merkuri dalam ikan. Dewailly dan rekan-rekannya melakukan survei terhadap penduduk Inuit dari 14 komunitas Nunavik di utara Quebec, di mana makanan tradisional mereka didasarkan pada ikan dan mamalia laut.

Mereka menemukan rata-rata kadar merkuri darah 50 nanomol per liter darah, jauh lebih tinggi daripada kadar umum populasi Amerika Serikat sebesar 4 nanomol. Mereka juga menemukan hubungan antara kadar merkuri darah dan tekanan darah, setelah disesuaikan untuk faktor-faktor lain, seperti merokok dan aktivitas fisik.

Menurut Dewally, penelitian ini telah menunjukkan bahwa paparan merkuri lingkungan dapat mempengaruhi endotelium, lapisan halus pembuluh darah, dan mengurangi kemampuan otot halus untuk bersantai, yang dapat menjelaskan sedikit peningkatan dalam tekanan darah dilihat dalam penelitian ini.

Itu bukan dampak yang luar biasa, katanya. "Untuk setiap 10 persen peningkatan tingkat merkuri dalam darah, terjadi peningkatan tekanan darah sebesar 0,2 milimeter," kata Dewailly. "Bahkan jika Anda menerapkan untuk seluruh penduduk, tetap merupakan efek kecil."

Jadi, 10 persen merkuri dalam darah akan meningkatkan tekanan darah dari 120/80 untuk membaca 120.2/80. jika Anda melihat ikan nutrisi yang dilaporkan terkait dengan begitu banyak manfaat, hal ini bukan alasan untuk menghindari ikan.

Tapi penting untuk makan ikan yang tepat, spesies yang berminyak. Siapa pun khawatir tentang tekanan darah harus menghindari ikan yang memiliki kadar rendah lemak omega-3 asam dan merkuri tinggi, seperti ikan predator besar, termasuk ikan pedang, marlin dan hiu, katanya. Ahli jantung lain setuju.

Penny Kris-Etherton, profesor gizi di Pennsylvania State University dan anggota American Heart Association Council on on Nutrition Metabolism and Physical Activity Committee, banyak orang Amerika bisa dengan aman menikmati makan ikan sebagai bagian rutin dari diet mereka untuk mencapai manfaat kesehatan asam lemak omega 3.

Termasuk ikan tuna kalengan, yang secara signifikan lebih rendah merkuri daripada putih tuna.

Bookmark and Share

Related Articles: